mengecilkan dan memotong jaket kulit imitasi warna coklat



Saya mendapat jahitan permak berupa sebuah jaket kulit imitasi berwarna coklat, yang punya jaket adalah seorang remaja yang beranjak dewasa berumur sekitar 19 tahun, ingin agar jaket tersebut panjang tangan, dan panjang badannya di potong, juga ingin agar bagian badannya di kecilkan.


Jaket tersebut berwarna coklat dengan bukaan berupa resleting pada bagian depannya, dan pada bagian ujung tangannya. Saku jaket nya sendiri ada empat buah, dua di bagian atas dan dua lagi di bagian pinggir bawah dan semuanya menggunakan resleting yang terbuat dari plastik.



Sebenarnya jaket ini kalau saya perhatikan sudah pernah di permak oleh penjahit lain, tapi mungkin yang punya jaket tersebut belum puas dengan hasilnya, sehingga meminta kepada saya untuk mengecilkannya kembali.

Untuk mendapatkan ukuran yang pas di badan, saya meminta agar jaket tersebut di pakai, setelah itu baru saya berikan tanda dengan kapur sesuai dengan ukuran yang di kehendaki, setelah itu saya meminta kepadanya untuk datang kembali esok harinya, karena hari itu saya harus mengerjakan jahitan yang lain.

Setelah ada waktu, saya  mulai pengerjaan mengecilkan jaket ini yaitu sebagai berikut, silahkan di simak siapa tahu Anda juga mendapatkan jahitan permak jaket seperti ini:

Pada saat saya mengukur panjang tangan, ternyata tangan jaket lebih panjang sekitar 5 cm dari tangan orang yang mempunyainya.



Karena bagian tangan di pasangi resleting, maka saya tidak memotong dari bawah, karena harus menggeser posisi resleting ke atas nantinya dan lebih lama untuk mengerjakannya. Maka saya melakukan pemotongan dari bagian atas, beruntung bordiran nya berada pada posisi pertengahan jadi tidak kena potong. Kemudian saya buka setengah jahitan pada tangan tersebut untuk memudahkan saat penyambungan dengan bagian badan nantinya, karena bagian tangan ini sudah pas ukurannya jadi tidak perlu di rubah kembali.



Setelah itu saya mengukur panjang jaket yaitu 65 cm, dan memberikan tanda dengan kapur jahit, sebelum melakukan pengguntingan saya membuka terlebih dahulu resletingnya agar tidak tergunting. Kemudian panjang jaket langsung saya gunting dengan memberikan lebihan 2 cm untuk jahitan, saya memberikan lebihan hanya 2 cm karena jaket ini menggunakan vuring pada bagian dalamnya



Lalu jaket tersebut saya balik sehingga bagian dalamnya yang ada di luar, kemudian saya membuat pola  dengan kapur sesuai ukuran yang tadi sudah di dapat saat di lakukan pengukuran, setelah itu langsung saya gunting bagian pinggir dan bagian kerung tangannya.



Proses membuat pola dan menggunting selesai, selanjutnya saya mulai menggabungkan kembali bagian tangan dengan bagian badan, ujung bahu paling atas saya pertemukan dengan ujung tangan bagian atas juga lalu saya berikan jarum pentul agar posisi tidak berubah kembali, setelah itu saya lakukan penjahitan agar menyatu.



Karena bagian kerungan lengan akan di jahit tindas di bagian luar nantinya, maka agar tidak centang maka saya melakukan guntingan stik pada bagian ujung kerung tangan.



Setelah itu saya lakukan jahit tindas di bagian luar pada pinggir kerung tangan dengan jarak sekitar 6 mili dari sambungan.



Dan seperti inilah hasil dari jahitan stik tersebut



Setelah itu saya menyatukan bagian pinggir badan dan tangan dengan cara menjahitnya tepat pada tanda kapur, pada bagian ketiak saya memberikan jarum pentul, agar jahitan sambungan dapat tepat bertemu.



Agar saat di balik  tidak mengkerut, maka saya gunting stik pada bagian ketiaknya



Setelah tangan terpasang dua-duanya pada bagian badan jaket, selanjutnya saya melakukan pemasangan lengan vuring pada badan vuring dengan cara yang sama, hanya saja pada bagian kerungan lengannya tidak saya jahit tindas.



Setelah tersambung semua, sekarang tiba saatnya menyatukan bagian ujung bawah jaket dengan bagian vuringnya, dengan cara menjahitnya tepat pada tanda yang sudah di buat.



Lalu jaket tersebut di balik kembali sehingga bagian luarnya yang terlihat lalu saya pasang kembali resleting nya, karena panjang jaket mengalami pengurangan maka resleting nya juga harus di kurangi panjangnya.



Setelah resleting terpasang kembali, sekarang tiba pada proses akhir yaitu menjahit bagian ujung bawah jaket, dengan memberikan jarak sekita 2.5 cm dari ujung jaket.



Dan hasil dari proses permak tersebut adalah sebagai berikut.



Selanjutnya jaket tersebut saya lipat dan masukan ke dalam kantong plastik, untuk proses permaknya sendiri memakan waktu sekitar 20 menitan, dan saya memasang tarif sebesar Rp.15000 untuk jasa jahit permak ini.



Demikianlah proses mengecilkan ukuran dan memotong panjang jaket yang saya lakukan, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda. Terima kasih atas kunjungannya dan silahkan melihat daftar isi blog ini untuk tutorial tekhnik jahit lainnya.


Comments

  1. bisa minta no. tlp atau alamat?

    ReplyDelete
  2. Alamat dmn gan? Klo jakarta selatan ane mau ngecilin jaket kebetulan

    ReplyDelete
  3. Gan minta alamat nya saya mau kecilin jaket dari ukuran L jadi M ini jaket lama,ini no wa saya081312020102

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Gan ane mo ngecilin jaket nih, maaf alamat agannya dmn y.. ini untuk nomer wa saya 083871526767,, ditunggu infonya. Makasih. -Haris-

    ReplyDelete
  6. No hp brp ya. Ane mau ngecilin jaket ni. Kegedean soalnya

    ReplyDelete
  7. ass.siang itu logo hurup H sudah berapa lama mas...?mhn di balas

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog