menambal tas anak sekolah TK yang sobek pada bagian pinggir dekat resleting



Sebenarnya saya ini penjahit pakaian, seperti baju dan celana, namun ada saja yang meminta untuk memperbaiki selain itu, seperti gorden, sprei, dan tas, seperti yang akan saya kerjakan berikut ini, yaitu sebuah tas sekolah taman kanak-kanak yang sobek pada bagian pinggiran resletingnya.


Untuk tas kasus yang paling banyak adalah meminta di ganti resletingnya, ada juga yang lepas pada bagian tali nya, khusus untuk tas yang akan saya kerjakan adalah sobek pada bagian kanan atas di pinggiran resleting. 



Bagi sebagian penjahit mungkin enggan untuk menerima jahitan seperti ini, tapi buat saya selama masih bisa di kerjakan ya ambil saja, lagi pula ini bukan pekerjaan yang membutuhkan waktu lama.

Bahan tas yang di gunakan untuk membuat tas ini sangat mudah sobek, mungkin karena biaya pembuatannya dari pihak sekolahan yang murah sehingga mendapatkan bahan seperti itu, mungkin pertimbangannya adalah karena biasanya anak-anak yang ber sekolah TK hanya selama satu tahun. Jadi kekuatan tas tersebut hanya bisa bertahan selama itu. Namun pada kenyataannya sebelum 1 tahun tas tersebut sudah sobek, ini di sebabkan karena faktor pemakaian.

Untuk memperbaikinya bagian yang sobek pada tas ini, saya akan melakukan penambalan dan penjahitan pada bagian tersebut, cara nya sama persis seperti untuk menambal baju atau celana yang sobek atau berlubang, yaitu saya menempelkan kain pelapis pada bagian dalam pada posisi lubang tersebut berada, setelah itu saya melakukan penjahitan secara saling-silang sampai dirasa kuat dan jahitan menutupi lubang pada tas tersebut.



Dan setelah di rasa cukup saya menghentikan proses menjahit pada bagian lubang tersebut dan hasilnya menjadi terlihat seperti berikut ini.



Semoga saja tidak ada lagi bagian yang sobek pada tas itu sampai anak yang bersekolah di TK tersebut lulus.

Comments

Popular posts from this blog