memotong dua buah kaos warna hitam dengan gambar sablon macan dan motor vespa


Saat sedang mengobrol dengan penjual bakso, datang seorang pelanggan menjahit kepada saya, seorang satpam mall Ramayana di daerah cibinong Bogot, dia ini merupakan pelanggan lama karena sudah sering menjahit, kali ini dia membawa dua buah baju kaos berwarna putih dengan gambar di bagian depannya, meminta agar di potong sedikit pada bagian bawahnya karena terlalu panjang.


Kaos ini berbeda antara bahan depan dan belakangnya, untuk bagian belakang menggunakan bahan combed yang adem, sementara untuk bagian depan yang ada sablonan menggunakan bahan TC.

Untuk kaos yang pertama mempunyai sablonan gambar macan di depannya, ini hanya kepanjangan sekitar 5 cm dari panjang yang di kehendaki yaitu 67 cm



Untuk kaos yang kedua lebih panjang sedikit dari yang pertama dan mempunyai gambar sablon barupa motor vespa



Setelah memberikan penjelasan mengenai ukuran baju tersebut, pelanggan jahit saya tersebut pergi sebentar untuk mengisi saldo, mungkin selain menjadi satpam dia juga berjualan pulsa HP

Akhirnya sambil melanjutkan mengobrol dengan penjual bakso tadi saya mulai melakukan pemotongan pada bagian bawah baju tersebut sesuai ukuran yang di inginkan yaitu 67 cm dengan di berikan lebihan untuk jahitan keliman sepanjang 5 cm



Seharusnya untuk mengelim bagian bawah kaos ini menggunakan mesin overdeck, namun karena tidak ada maka saya  menjahitnya seperti biasa, yaitu dengan melipatnya sebanyak dua kali sehingga lebihan kain yang 5 cm tadi menjadi sekitar 2.5 cm, jarum mesin jahit saya ganti terlebih dahulu no. 11 karena bahan kaos tersebut sangat tipis dan saya khawatir jika tetap menggunakan jarum yang lebih besar akan berlubang. Setelah itu saya mulai menjahit kelim kedua kaos tersebut



Dan berikut ini hasil setelah keduanya selesai di jahit dan di lipat



Untuk mengelim kaos ini agar terlihat seperti menggunakan mesin jahit overdeck, kita bisa menjahitnya sebanyak dua jalur, dengan jarak antara jahitan adalah 3 sampai 5 mm, tapi disini saya tidak menjahit kelim kaos tersebut sebanyak 2 jalur karena pelanggan saya tidak meminta nya.

Comments

Popular posts from this blog