mengecilkan kaki, membesarkan pinggang dan memendekan lingkar pesak celana putih motif bunga



Celana warna putih dengan model jeans yang akan saya permak kali ini terbuat dari bahan drill dengan motif bunga-bunga kecil, pelanggan meminta kepada saya untuk mempermak celana ini, sedangkan bagian yang harus di rubah adalah ukuran kaki celana dari paha sampai ujung celana bagian bawah ingin di buat seperti pensil, lingkar pesak harus di pendekan karena kepanjangan dan ukuran lingkar pinggang kurang besar sekitar 6 cm.


Sebenarnya celana yang harus di rubah seperti itu ada 3 buah, yang dua adalah celana berbahan jeans dan corduroy, semuanya mempunyai ukuran yang sama dan ingin di rubah.

Untuk langkah pertama, saya membalik celana tersebut, lalu pada bagian lingkar celana bawah saya buka kelimannya sedikit, agar mudah saat di beri tanda nantinya, kemudian saya mulai memberi tanda pada bagian paha menjadi 52 cm, lingkar lutut 36 cm dan bagian ujung celana bawahnya menjadi 26 cm
Setelah itu saya tarik garis dengan menggunakan kapur sesuai tanda, untuk bagian yang melengkung saya menggunakan penggaris lengkung.Karena lebihan yang harus di buang cukup besar, maka agar tidak mengkerut saat di jahit nantinya, saya lakukan pengguntingan terlebih dahulu sepanjang tanda kapur dengan memberikan lebihan sekitar 2 cm untuk jahitan


Setelah itu saya mulai menjahit di mulai dari ujung kaki bagian kiri sampai ujung kaki sebelah kanan, Pada bagian paha dan selangkangan saya melakukan jahitan sebanyak dua kali agar lebih kuat, Setelah selesai dijahit kemudian saya obras ujung kainnya agar tidak terurai


Lalu pada bagian ujung kaki saya jahit kembali kelimannya.


Proses merubah kaki celana selesai selanjutnya adalah memendekan lingkar pesak dan memperbesar lingkar pinggang celana, disini saya melakukan pembukaan pada bagian sisi celana kiri, kanan dan bagian belakang. Lalu ban pinggang saya gunting pada bagian belakangny. Karena lingkar pesak yang harus di pendekan hanya 3 cm, maka saya hanya menggunting kain celana pada bagian belakang selebar 3 cm.



Untuk ban pinggang saya sambung sepanjang 6 cm dengan menggunakan sisa kain bekas guntingan  kaki celana lalu saya jahit bagian atas dan bawahnya agar memudahkan saat pemasangan ke lingkar pinggang nantinya.




saat kita menggunting bagian belakang celana untuk memendekan lingkar pesak, secara otomatis lingkar pinggang kain celana ini ikut membesar ukurannya, maka saya tidak perlu melakukan penambahan dengan kain pada bagian lingkar pinggang. Tinggal saya pasangkan saja ban pinggang ke lingkar pinggang celana


terakhir adalah memasang kembali tali gesper celana dengan cara menjahitnya ke ban pinggang celana


setelah itu saya melakukan pengecekan terhadap hasil jahitan dan ukuran nya, setelah dirasa tidak ada kesalahan maka saya melipat celana tersebut untuk selanjutnya di masukan kedalam kantong bersama dengan dua celana yang lainnya.

setelah selesai dengan pekerjaan ini saya bersiap untuk mengerjakan jahitan yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog