cara mendapatkan ukuran dari baju kemeja



Untuk membuat sebuah pakaian kita membutuhkan ukuran untuk di buat pola nya, dan selain mendapatkan dari badan orang, kita juga bisa mendapatkan ukuran ini dari baju yang sudah jadi.


Dalam postingan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mendapatkan ukuran dari baju kemeja batik, kebetulan saya mendapatkan jahitan kemeja batik dan pelanggan memberikan baju contoh nya.

Untuk mengukurnya yang pertama harus di lakukan adalah menaruh baju tersebut pada meja atau lantai yang bersih.



Selanjutnya saya menggambar pada kertas sesuai bentuk model dari baju tersebut



Kemudian saya mengukur panjang dari baju tersebut, tempatkan ujung meteran di bagian atas baju sampai ujung bawah baju.



Lalu ukur panjang bahu, taruh ujung meteran pada bahu kiri sampai bahu kanan



Selanjutnya lebar bahu kita ukur, tempatkan ujung meteran pada ujung bahu atas ke ujung bahu bawah



Setelah itu panjang tangan, kita ukur dari bagian ujung tangan atas sampai bawah



Lalu lingkar ujung tangan kita ukur juga



Setelah itu lingkar ketiak kita ukur.



Jangan lupa untuk mengukur lebar kerah, untuk kerah kemeja kita ukur pada bagian bawah daun kerah.



Selanjutnya ukur lingkar badan



Kemudian lingkar pinggang



Dan terakhir lingkar pinggul atau bagian baju yang paling bawah



Jangan lupa untuk menulis semua hasil pengukuran tersebut pada buku atau kertas, kalau saya menulisnya pada gambar baju yang sudah di buat tadi, sehingga hasilnya seperti ini.




untuk lebar dada dan lebar punggung tidak saya ukur, karena nanti akan terbentuk dengan sendirinya saat di buat pola nya pada kain.

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana mendapatkan ukuran dari celana yang sudah jadi silahkan membaca artikel saya yang lalu.


Demikianlah cara untuk mendapatkan ukuran dari baju yang sudah jadi, cara ini bisa untuk semua baju, baik baju laki-laki maupun perempuan. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments

Popular posts from this blog