cara membuat dan memasang kerah shanghai pada jaket kulit warna coklat



Cuaca masih hujan juga saat saya mulai mengerjakan jahitan permak ini, permak kali ini berupa sebuah jaket berbahan kulit imitasi berwarna coklat yang tidak ada kerahnya dan meminta kepada saya agar di pasangi kerah shanghai yang terbuat dari kain denim atau kain jeans.



Sebenarnya kalau saya perhatikan jaket ini dulunya memiliki kerah, hanya saja di gunting oleh pemiliknya, mungkin kerah lama sudah rusak bahannya, jadi dari pada mengganggu penampilan saat di gunakan maka di buang.



Untuk mengerjakannya, langkah pertama yang saya lakukan adalah mengukur lingkar leher jaket tersebut, disini di dapat hasil yaitu 46 cm.



Setelah lingkar leher di dapatkan ukurannya selanjutnya saya membuka jahitan pada lingkar, dan membuang sisa kerah lama yang masih menempel.



Setelah itu saya membuat pola kerah pada bahan denim, yang kebetulan ada, bekas sisa jahitan celana. Saya membuat pola kerah shanghai setengah rebah, dengan lebar 4 cm dan panjang 46 cm sesuai dengan lingkar leher jaket, saya juga memberikan lebihan sepanjang 3 cm pada salah satu ujungnya, rencana nya akan di pasangi kancing nantinya.



Setelah di gunting kain kerah tersebut kemudian saya jahit.



Sebelum di balik, karena pola nya sedikit melengkung di atas nya. maka saya melakukan pengguntingan stik pada bagian tersebut agar tidak centang.



Setelah itu saya balik lalu melakukan jahitan tindas sebanyak dua jalur, sehingga kerah shanghai tersebut jadi dan berbentuk seperti berikut



Kemudian tiba saat nya memasangnya ke kerung leher, pertama saya menempelkan bagian tengah dari kerah ke kerung leher bagian belakang lalu di berikan jarum pentul



Setelah itu saya jahit dari ujung ke ujung.



Selanjutnya menjahit kerung leher vuring jaket ke kerah, tapi sebelumnya jaket tersebut saya balik kemudian kerungan nya saya tempelkan ke kerah di bagian tengah, dan saya berikan jarum pentul juga sama prosesnya seperti yang pertama



lalu tinggal di jahit tindas tepat pada jahitan yang pertama



kemudian jaket saya balik kembali, karena tadi pada bagian resleting jahitannya sedikit di buka maka harus kita jahit kembali.



Setelah itu lakukan jahit tindas pada pinggir kerungan leher jaket agar lebih bagus dan kuat.



Selanjutnya siapkan kancing jaket yang terbuat dari besi, kancing ini terdiri dari 2 bagian yang masing-masing berpasangan jadi jumlahnya ada 4 buah, untuk memasangnya kita membutuhkan sebuah alat press kancing yang berbentuk kepala ayam.



Pada bagian kerah yang panjang saya pasang kancing untuk bagian atas dan kancing bagian bawah untuk ujung kerah yang satunya.



Hasil dari pemasangan kancing sebagai berikut



Dan ini hasil akhir setelah kerah dan kancingnya terpasang. dan sampai di sini proses pemasangan kerah shanghai ini pun bisa di katakan sudah selesai



Jika tidak mempunyai alat press dan kancing besi tersebut, Anda bisa menggantinya dengan perekat. Tadinya saya pun ingin menggunakan perekat, tapi kebetulan ada sisa kancing besi tersebut, jadinya saya gunakan saja, biar terlihat lebih keren, hehehe.

Demikianlah cara membuat dan memasang kerah shanghai pada jaket kulit yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat buat Anda, terima kasih atas kunjungannya dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog