merubah model baju dari gamis menjadi blouse



Pekerjaan permak yang saya dapat kali ini berupa sebuah baju gamis berbahan kaos jersey yang mempunyai sambungan di bagian dada nya, dan kerah yang menyatu dari bagian dada sampai belakang.


pemilik baju ini mengatakan bahwa bagian atas sampai dada dari baju gamis ini kesempitan, sedangkan bagian bawahnya lebih besar, jadi nya dia menginginkan model baju ini di rubah dengan cara memotong bagian atas nya kemudian kerah dan tangan di geser posisinya menjadi berada di bagian bawah dada.

Sebenarnya ini pekerjaan yang cukup sulit, karena kita harus mempola ulang kain tersebut menggunting dan selanjutnya baru menjahitnya, untuk pekerjaan seperti ini  tidak semua penjahit mau mengerjakannya, namun disini saya memilih untuk menerima pekerjaan ini. Karena pelanggan  jahit ini sudah sering datang menjahit  kepada saya dengan pekerjaan yang lebih rumit dan sulit di bandingkan dengan yang saya dapat kali ini

Disini saya akan menunjukan bagaimana cara cepat untuk merubah sebuah model pakaian. Dalam hal ini menggeser posisi kerah dan lengan dari yang tadinya di atas dada menjadi berada di bawah dada untuk menjadikan baju tersebut lebih besar dan longgar.



Yang pertama yang saya lakukan adalah melepas lengan baju tersebut dari kerungan lengannya



Selanjutnya melepas kerah tempel nya, disini saya langsung menggunting pada bagian pinggirannya agar lebih cepat.



Setelah itu gunting bagian sambungan di bagian dada



Kemudian saya melipat kain tersebut dan membuat pola langsung pada kain baju sesuai ukuran sebelum di gunting. Jika Anda mempunyai kesulitan untuk membuat pola langsung pada kain, Anda bisa membuat pola nya pada kertas terlebih dahulu. Untuk bisa membuat pola langsung pada kain tentu saja harus sudah paham dengan pola dasar badan terlebih dahulu. Ini sudah pernah saya bahas pada artikel yang lalu.




Lalu bagian leher belakang saya gunting terlebih dahulu



Kemudian dilanjutkan dengan menggunting bagian kerungan lengan



Karena kain yang di lipat terdiri dari kain depan dan belakang, maka saya menggeser keluar kain bagian belakang agar tidak tergunting.



Setelah itu saya menggunting kain baju bagian depan sesuai pola kerah yang telah di buat.



Lalu bagian kain bahu depan dan belakang saya jahit



Setelah itu  di obras sehingga terlihat seperti pada gambar



Selesai menyatukan bagian bahu, selanjutnya saya menyatukan bagian kerung lengan dengan lengannya



Kemudian di obras dan hasilnya tampak seperti ini



Dan terakhir adalah proses menempelkan kembali kerahnya



Saya berikan jarum pentul pada beberapa bagian yang di rasa perlu setelah itu mulai menjahitnya.



Hasil dari jahitan tersebut terlihat seperti ini, pada bagian bawah kerah yang memiliki sudut harus terjahit dan terlihat menyiku, jika Anda memiliki kesulitan menjahit sambung pada bagian yang menyiku atau menyudut seperti itu, saya sudah membuat tutorial bagaimana caranya pada artikel yang lalu.




Setelah itu kita lakukan pengobrasan kemudian jahit tindas pada pinggirannya



Dan hasil dari merubah model baju ini terlihat seperti gambar di bawah ini.

  
 
Demikian cara yang saya lakukan untuk mengerjakan jahitan permak ini semoga bisa bermanfaat bagi Anda khususnya penjahit pemula yang dihadapkan dengan jahitan merubah model pakaian, yang mungkin mengira jika pekerjaan merubah model baju tersebut merupakan pekerjaan sulit, padahal sama saja. Sehingga Anda tidak di cap sebagai penjahit yang pilih-pilih pekerjaan oleh pelanggan.

Akhirnya saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya dan silahkan membaca artikel saya yang lain dan saya nantikan kunjungan selanjutnya di blog sederhana ini.

Comments

Popular posts from this blog