cara mengganti kain saku celana bagian belakang yang sudah robek



Saku pada celana merupakan bagian yang tidak terpisahkan, karena kehadiran saku ini sangat banyak manfaatnya untuk menyimpan benda, seperti uang, hp, permen, sapu tangan dan lain sebagainya.


Pada celana pria saku ini selain terdapat pada sisi celana juga terdapat pada bagian belakang celana, dan jumlahnya bisa 1 sampai 2 buah, sedangkan kain saku yang di gunakan biasanya jenis kain yang tipis seperti kain hero atau asahi, bisa juga kain satin.

Setelah lama di gunakan kain saku ini bisa rusak, ini di karena kan kualitas dari kain saku yang di gunakan, jika kain saku tersebut kualitasnya bagus maka akan lama rusaknya jika di bandingkan dengan kain saku berkualitas rendah.

Lantas apakah kain saku yang sudah rusak seperti robek bisa diperbaiki dengan cara di ganti? Jawabannya bisa. Dan pada artikel ini saya akan tunjukan cara nya kepada Anda, kebetulan saya mendapat jahitan permak celana seragam SMP yang bagian saku belakangnya minta di ganti kain sakunya.



Untuk proses penggantiannya sendiri berikut ini adalah langkah-langkah yang harus di kerjakan, silahkan di simak:

Buanglah kain saku lama yang sudah rusak atau robek yang masih menempel pada kain celana, kain yang di buang kain saku nya saja dan besetnya jangan.


Siapkan kain saku baru dengan lebar dan panjang 18x45 cm, Lalu tempel kain saku yang baru tersebut di bagian pinggir kain beset yang bawah seperti terlihat pada gambar


Kemudian jahit kain saku ke kain saku ke kain beset dari ujung ke ujung



Setelah itu balik kain saku sehingga posisi nya seperti pada gambar, di sini terlihat kalau kain beset sudah terurai benangnya.


Selanjutnya kita jahit ujung kain beset yang terurai tersebut ke kain saku dengan cara di lipat dahulu sebelum di jahit.



Kemudian kita ukur kedalaman saku sepanjang 16 cm dari bibir saku


Kemudian lipat kain saku secara terbalik seperti pada gambar



Lalu jahit bagian kiri dan kanannya


Dan ini hasil setelah kedua sisi tersebut di jahit


Setelah itu kita balik kain saku tersebut seperti ini



kemudian jahit tindas pada sekeliling pinggirannya

dan ini hasil setelah di jahit tindas

 

Pada bagian lidah saku bagian atas kita jahit agar posisi kain saku tidak berubah.


Setelah itu masukan tangan ke dalam saku dan pegang bagian kain beset nya


Di bagian luar kita berikan jarum pentul menembus kain saku dan besetnya, maksudnya agar saat beset di jahit lebih mudah


Kemudian kita jahit pinggir beset yang di beri jarum pentul tersebut lewat lubang bibir saku.


Setelah itu masukan ujung kain saku ke dalam ban pinggang celana


Lalu jahit kembali pinggir ban pinggang di bagian depan, dan proses penggantian kain saku pun selesai.


Dan demikianlah tutorial mengganti saku celana belakang yang bisa saya sampaikan kali ini, untuk mengganti kain saku pada saku bagian pinggir akan saya berikan di lain kesempatan, jika kebetulan saya mendapatkan jahitan tersebut dari pelanggan.Terima kasih atas kunjunganya dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog