Cara mudah dan cepat dalam mengecilkan lingkar pinggang celana



Saat sedang memakan kue pia, saya kedatangan seorang pelanggan menjahit yang membawa 3 potong pakaian berupa baju dan celana seragam, dia meminta kepada saya untuk memasang bet lokasi pada baju seragam sekolah warna putih dan pramuka, sementara untuk celana pramuka nya dia meminta agar mengecilkan bagian pinggang nya karena kebesaran.


Untuk memasang bet lokasi pada seragam sekolah tidak akan saya jelaskan cara nya pada tutorial kali ini karena sudah pernah saya berikan beberapa waktu yang lalu. Yang akan saya bahas pada postingan kali ini adalah bagaimana cara mengecilkan lingkar pinggang celana seragam secara cepat namun rapi.


Sebelum melangkah ke proses pengerjaan nya, disini saya akan menjelaskan sedikit tentang cara memasang ban pinggang celana. Jadi untuk memasang ban pinggang ini ada 2 cara yang bisa di gunakan.

Yang pertama adalah kita menyatukan ke empat bagian kain celana baik depan maupun belakangnya, memasang resletingnya. Baru kemudian ban pinggang di pasangkan ke lingkar pinggang tersebut.

Yang kedua adalah kita menyatukan sebelah bagian kiri atau kanan kain celana depan dan belakang lalu memasangkan ban pinggangnya setelah itu baru bagian belakang antara celana bagian kiri dan kanan di satukan dan resleting di pasang.

Apabila kita mendapat jahitan permak mengecilkan celana dengan kelebihan yang harus di buang sekitar 10 cm, maka kita bisa menggunakan cara kedua ini untuk pengerjaannya. Cara ini mempunyai kelebihan yaitu lebih cepat sehingga bisa menghemat waktu jika di bandingkan cara pertama.

Dan di sini saya akan memberikan tutorial kepada Anda bagaimana cara pengerjaannya, untuk itu berikut ini adalah langkah pengerjaannya, silahkan di simak.



Pertama kita buka tali gesper celana bagian belakang dan taruh di tempat yang aman agar tidak hilang saat nanti di pasang kembali, jika Anda berminat mengetahui cara membuat tali gesper celana yang gepeng sempurna bisa membaca artikel saya yang lalu




Setelah itu kita buka sebagian ban pinggang di bagian belakang. Ban pinggang yang terjahit pada bagian sambungan kain celana kita buka juga sedikit



lalu kita jahit kembali sebelah bagian ban pinggang tersebut ke kain celana. Namun kali ini lebihan kain celananya jangan sampai terjahit, caranya adalah kita jahit sampai batas yang di berikan tanda.



jika sudah dijahit lebihan kain celana lipat ke atas, lalu jahit kembali ban pinggang tepat pada pinggir lebihan



Sehingga hasil dari jahitan adalah seperti berikut, lebihan celana bagian belakangnya tidak terjahit.



Setelah itu kita berikan tanda dengan kapur jahit sesuai ukuran yang di kehendaki, pada contoh disini saya memberikan tanda 5 cm. setelah tanda di berikan selanjutnya lipat sambungan celana seperti terlihat pada gambar lalu berikan jarum pentul pada sisi jahitan sambungan antara ban pinggang dengan kain celana, agar posisi ban nanti nya tepat bertemu. Kemudian mulailah menjahit dari ujung atas sampai bagian bawah selangkangan, standarnya harus di lakukan jahitan sebanyak 3 kali bolak balik agar kuat, namun Anda bebas mau menjahitnya berapa kali pun.



Setelah di jahit selanjutnya kita gunting dan sisakan lebihan sebesar 3 cm untuk cadangan sewaktu-waktu celana tersebut ingin di besarkan kembali



Di bagian selangkangan kita buang sisa jahitan lama yang masih ada.



Setelah itu lakukan pengobrasan pada kedua bagian ujung lebihan , agar tidak terurai benangnya setelah lama di gunakan.



Pada bagian ban pinggang, lipatlah seperti pada gambar kemudian jahit, maksud dan tujuannya adalah agar kelihatan rapi saat ban pinggang tersebut di jahit nantinya.



Setelah itu lipat ban pinggang sehingga menutupi ujung lingkar pinggang, berikanlah jarum pentul pada bagian sambungan tengahnya agar posisinya tidak berubah, lalu jahit tindas pada bagian sisi nya.



Setelah itu pasang kembali tali gesper celana tersebut seperti pada gambar, saya sudah pernah memberikan tutorial bagaimana cara memasang tali gesper ini, jika Anda berminat untuk mengetahuinya silahkan membaca artikel saya yang sebelumnya.




pada proses tersebut maka proses mengecilkan ban pinggang celana ini sudah selesai, dan hasil akhirnya adalah seperti gambar di bawah ini.



Karena semua jahitan sudah selesai maka tinggal saya lipat dan masukan kedalam kantong plastik, siap di ambil oleh yang punya.



Dan saya pun bisa meneruskan memakan kue pia yang tadi tertunda.



Sedangkan jika  Anda ingin mempelajari bagaimana cara untuk mengecilkan celana menggunakan cara yang pertama, Anda bisa membacanya di postingan saya yang lama.


Demikianlah cara mengecilkan ban pinggang celana secara cepat namun rapi, semoga bisa bermanfaat untuk Anda, dan terima kasih atas kunjungannya di blog ini, baik itu yang tanpa sengaja nyasar kesini maupun yang sudah pernah berkunjung. Silahkan membaca tutorial saya yang lainnya, dan jika di rasa bermanfaat silahkan membagikannya ke teman-teman Anda yang lain.

Comments

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog