cara menjahit potong sambung celana



Cara untuk memendekan celana yang kepanjangan adalah dengan memotong bagian bawahnya, cara memotong celana ini sudah pernah saya buat tutorialnya beberapa waktu lalu, selain tekhnik memotong celana cara biasa, ada juga pelanggan menjahit yang ingin agar celana tersebut di potong sambung.


Tekhnik potong sambung adalah cara memotong celana namun bagian bawah dari celana tersebut di pasang kembali, biasa nya celana yang di jahit dengan menggunakan cara ini adalah celana jeans, maksud dan tujuan dari jahitan potong sambung adalah agar celana tersebut tidak seperti di potong.karena keliman celana jeans di pabriknya diberikan efek stone wasa sehingga terlihat bagus, jadi jika langsung dikelim maka akan hilang. Sebenarnya efek stone wash ini akan terbentuk dengan sendirinya jika celana tersebut lama dipakai dan sering dicuci.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana langkah pengerjaan cara memotong sambung tersebut, kebetulan ada pelanggan yang meminta agar celananya di potong dengan cara ini, walaupun bukan celana jeans.

Yang pertama yang harus kita lakukan adalah mengukur hasil panjang yang di kehendaki di kurangi lebar dari kain sambungan, jika bingung kurangi saja 2 cm, selanjutnya berikan tanda dengan kapur lalu gunting tepat pada tanda kapur tersebut tidak perlu di berikan lebihan untuk jahitan.



Setelah itu gunting sekeliling kain potongan celana bagian bawah berikan lebihan sekitar 1.5 cm untuk jahitan.



Setelah saya bandingkan, ternyata bagian bawah celana ini lebih kecil dari lingkar kaki celana 



Karena itu saya harus menyamakan terlebih dahulu dengan lingkaran bagian bawahnya, dengan cara menjahitnya, karena jika di paksa di pasang pasti akan berkerut.





Setelah sama selanjutnya kita pasang kain celana bagian bawah tersebut ke lingkar celana, kemudian jahit tepat di pinggir keliman seperti terlihat pada gambar, untuk tiap sambungan berikan jarum pentul agar sambungan tersebut tepat bertemu.



Selanjutnya kita lakukan pengobrasan pada ujungnya



Setelah itu jahit tindas di bagian luar



Dan hasilnya akan tampak seperti berikut.



Demikianlah cara untuk memotong sambung celana, selain cara ini ada lagi cara lain yang bisa di gunakan, nanti akan saya berikan tutorialnya di lain kesempatan.


Comments

Popular posts from this blog