cara membesarkan rok kebaya model lossban dengan vuring berwarna ungu



Kali ini saya memperoleh jahitan permak berupa rok kebaya berbahan kain songket berwarna ungu, rok ini bermodel lossban, atau tanpa ban pinggang.




Dengan resleting biasa dan belahan di bagian belakangnya juga memakai vuring.



Kata yang punya, rok ini sempit pada bagian pinggang dan pinggulnya, dan meminta kepada saya untuk di besarkan, dengan menghabiskan sisa lebihan kain yang ada di bagian dalam.


Kebetulan sisa kain yang ada di bagian dalam rok ini cukup besar yaitu sekitar 2.5 cm, maka bisa di besarkan 2 cm sedangkan  0.5 cm lagi untuk jahitan, karena kain rok ada dua, dengan masing-masing sisi kiri dan kanan di besarkan 2 cm maka penambahan besar yang di dapat adalah 8 cm.

Sebenarnya untuk membesarkan rok model lossban ini tidak terlalu sulit, karena kita tidak perlu membuka ban pinggang, hanya perlu membuka jahitan tindas yang ada di bagian atas. Dan membuka sedikit jahitan vuring yang menempel pada lapisan rok



Setelah memberikan tanda dengan kapur kita tinggal menjahitnya seperti ini, karena ini rok kebaya maka pembesaran jangan sampai ke bagian bawahnya, cukup bagian pinggang dan pinggul yang di besarkan selanjutnya jahitan kita belokan sampai bagian lutut.



Lalu kita buka jahitan yang pertama



Selanjutnya jahit kembali kain vuring ke ujung kain lapisan


 
lalu jahit tindas bagian atasnya tepat pada persambungan antara kain rok rok depan dan belakang sepanjang 6 cm



Agar bekas bukaan jahitan pertama hilang, maka gosoklah bagian tersebut dengan setrika, atur suhu nya agar tidak terlalu panas, karena biasanya kain songket jika terlalu panas akan mengkerut. Setelah selesai selanjutnya tinggal kita lipat dan proses pengerjaan pun selesai



Demikian cara saya untuk membesarkan rok kebaya bahan songket warna ungu ini, semoga bermanfaat buat Anda dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments

  1. Kalau kebaya kutubaru udah agak sesak kira2 bisa di buat pas dibadan..gimana ya mbk.
    Sayang bgt numpuk dilemari masih bagus bgt

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog