cara mengecilkan baju kaos hitam dengan variasi strip biru di bagian pinggirannya



Untuk jahitan permak yang akan saya kerjakan kali ini adalah berupa sebuah kaos bahan combed berwarna hitam dengan strip biru pada sisi nya dan kerah wangki, ukurannya kebesaran, dan pemiliknya meminta untuk di kecilkan dengan membuang sebesar 12 cm.



Sepertinya ini merupakan kaos seragam kerja jika di lihat dari bentuk dan sablonan merk yang terdapat pada bagian depan kaos tersebut. Yang menarik dari kaos ini adalah ada nya strip berwarna biru di bagian pinggir baju dan di atas lengan sebagai variasinya.



Memang menjadi terlihat bagus, cuma untuk proses permak nya sendiri agak repot karena harus membongkar bagian tersebut, karena jika langsung di kecilkan dengan cara menjahit bagian pinggirnya maka kain strip biru tersebut akan hilang. Dan ini tentu saya tidak boleh sampai terjadi karena baju kaos ini merupakan seragam yang harus sama dengan yang lain

Untuk itu yang pertama saya lakukan adalah memberikan tanda dengan kapur jahit pada bagian kaos yang berwarna hitam masing-masing sisi nya selebar 3 cm di mulai dari sambungan kain strip biru.



Setelah itu bagian tangan saya buka sebagian, karena kerungan ketiak akan kita pola dan buang sedikit nantinya.



Kemudian saya lakukan pengguntingan pada bagian bahan yang tadi di berikan tanda kapur dengan memberikan lebihan untuk jahitan sebesar 1 cm



Kain guntingan tersebut saya buang bagian yang hitamnya sehingga yang tersisa hanya bagian kain yang biru 



pada bagian bawahnya saya obras, karena bagian ini untuk di kelim nantinya, dan akan sulit untuk di obras setelah di pasang. Karena tidak akan ter obras semua bagiannya.



Lalu bahan variasi kaos biru tersebut saya jahit sambung kembali ke bagian kaos warna hitam



Setelah semua terjahit kemudian saya obras pada bagian pinggirannya

  
Selanjutnya bagian ujung tangan saya kecilkan dengan cara di jahit setelah memberikan tanda dengan kapur jahit sesuai ukuran yang di kehendaki oleh pelanggan.



Lalu di gunting dan di obras, setelah itu di pasang kembali ke bagian kerung ketiak.



Kemudian kerung ketiak tersebut saya obras, selanjutnya menjahit kelim bagian bawah baju, saya menjahitnya dari bagian luar agar lebih mudah dalam mempertemukan benang jahitan keliman lama dengan yang baru. Supaya terlihat sama dengan hasil keliman mesin overdeck, maka saya menjahitnya sebanyak dua jalur juga mengikuti jalur jahitan overdeck tersebut. 



Dan hasil dari keliman tersebut adalah sebagai berikut, ini adalah proses terakhir dalam permak kaos ini,


setelah ini kaos tersebut tinggal kita lipat dan masukan ke kantong plastik siap di ambil oleh yang punya.



Demikianlah cara saya untuk permak mengecilkan kaos dengan variasi strip di bagian pinggirannya, memang lebih lama jika di bandingkan dengan langsung di jahit tapi hasilnya lebih memuaskan karena stripnya tidak hilang dan menjadi sama dengan sebelum di permak hanya sekarang ukurannya yang berbeda.

Comments

Popular posts from this blog