cara membuat bisban dari kain dan pemasangannya pada baju



Selamat datang bagi yang baru pertama kali nyasar ke blog saya ini dan selamat datang kembali buat yang sudah pernah berkunjung. Setelah artikel saya kemarin membahas tentang bagaimana memasang bisban yang sudah jadi dan siap pakai buatan pabrik, maka tidak lengkap rasanya jika belum ada artikel tentang cara membuat bisband sendiri.


Biasanya baju yang menggunakan bisband adalah baju anak dan wanita, namun tidak tertutup kemungkinan baju pria juga menggunakannya tergantung dari model baju tersebut. Buat Anda yang belum bisa memasang bisband yang sudah jadi silahkan membaca artikel saya yang lalu.


Untuk memasang bisband, Anda bisa menggunakan aksesoris mesin jahit yang bisa di pasang. Berbentuk seperti corong, jadi Anda tinggal memasukan kain bisban tersebut ke corong dan selanjutnya tinggal menjalankan mesin jahit.

Untuk memasang aksesoris tambahan ini, pada mesin jahit kecil Anda di haruskan untuk mengganti tutup runner, mengganti runner dan sepatu mesin jahit dengan sepatu khusus, bagian tiang sepatu juga harus di geser ke atas karena jika tidak di geser maka sepatu tidak bisa di pasang karena mentok.

Pemasangannya membutuhkan waktu sekitar setengah jam, untuk produksi banyak sepertinya tidak masalah, namun jika hanya satu baju yang akan di pasangi bisband maka sepertinya menggunakan aksesoris tersebut kurang efisien karena harus bongkar pasang. Walaupun hasilnya lebih bagus dan menjahitnya hanya satu kali jalan maka bisband tersebut sudah terpasang.

Kembali ke cara membuat bisband, untuk membuatnya biasanya dari kain sisa jahitan baju yang sedang kita kerjakan agar bisband tersebut sama dengan kain bajunya, tapi bisa juga dari kain lain sebagai variasi jahitan. Jika sisa kain sedikit, Anda bisa menyambung-nyambung nya sehingga menjadi sepanjang yang di butuhkan, tentu saja menyambungnya harus secara menyerong juga.

Lantas bagaimanakah cara membuatnya?

seperti pada bisband buatan pabrik yang terbuat dari kain serong, maka kita pun harus membuat bisband tersebut dari kain serong juga, agar nantinya mampu mengikuti ujung kain yang akan di bungkus, apalagi ujung kain tersebut berbentuk melengkung, seperti kerung lengan atau kerung leher.

Agar lebih jelas bagaimana  pengerjaannya, silahkan di simak langkah-langkah pengerjaannya sebagai berikut:

Pada contoh di sini anggaplah kita akan melapis ujung kain dari kerung tangan.Yang harus kita lakukan pertama kali untuk membuat nya adalah dengan cara melipat kain secara menyerong setelah itu guntinglah dengan lebar sekitar 3 cm.



Kemudian jahit dengan jarak lebar 2 cm



Lalu gunting dan rapih kan ujung lebihannya sehingga hanya menjadi 0.5 cm



Kemudian pasang ke kerung tangan, dari bagian dalam.



Lalu balik kain bisband tersebut sehingga menutupi ujung kain  kemudian jahit kembali pada pinggirannya, pastikan jahitan pertama tertutup oleh jahitan kedua ini



Dan hasilnya akan terlihat seperti berikut ini



Selain bisa untuk membungkus ujung kain, cara pembuatan bisband sendiri ini bisa juga sebagai pengganti kain pelapis atau kain lapisan, seperti yang sudah saya berikan tutorialnya beberapa waktu yang lalu


Setelah sampai pada proses tersebut maka pemasangan sudah selesai, dan berikut ini adalah contoh hasil pemasangan bisband ini pada baju anak pesanan pelanggan saya beberapa waktu yang lalu.



Jika di rasa masih kurang paham dengan apa yang sudah saya sampaikan diatas, silahkan menonton video berikut ini.



Demikianlah tutorial yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, kurang dan lebihnya saya mohon ma’af, dan terima kasih atas kunjungan Anda. Sebelum pergi silahkan membaca artikel saya yang lainnya

Comments

  1. makasih mbak ilmunya.bermanfaat sekali.aku ijin share ya 😊

    ReplyDelete
  2. makasih mbak ilmunya.bermanfaat sekali.aku ijin share ya 😊

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog