Cara mudah memasang bisban

pada artikel kali ini saya ingin memberikan tutorial cara mudah memasang bisban, buat yang sudah ahli menjahit mungkin terdengar sepele, tapi buat yang baru belajar menjahit, memasang bisban ini ada kesulitannya tersendiri, apalagi jika pemasangan bisban ini di posisi yang melengkung seperti dikerah atau kerung tangan. ini juga dulu pernah saya alami.




untuk memasang bisban, bisa di lakukan dengan berbagai cara, biasanya tukang jahit punya tekhnik masing-masing, begitu juga saya, memang untuk memasang bisban ini bisa menggunakan corong khusus yang harus di pasang sebagai tambahan accesoris mesin jahit, tapi memasang alat tambahan ini kurang praktis, karena harus mengganti beberapa komponen pada mesin jahit, seperti sepatu dan runner (gigi mesin) belum lagi posisi alu-alu mesin yang harus di naikan karena akan mentok jika tidak.

kalau untuk keperluan skala produksi yang berkelanjutan sih memang tidak masalah, karena bisa saja satu mesin di khususkan untuk memasang bisban, tapi bagaimana kalau kita hanya mempunyai satu buah mesin yang kita pakai untuk menjahit pasti ribet dong harus gonta ganti accessoris mesin, nah karena itu pada kesempatan ini saya akan bagi cara gampangnya yaitu sebagai berikut:

  • buka lipatan bisban dan akan tampak bekas lipatannya, di bekas lipatan inilah kita akan gunakan sebagai patokan untuk menjahit.

 

  • tempatkan  kain baju yang akan kita jahit di bawah dan bisban di atas,pastikan bagian dalam kain baju yang di tempelkan ke bisban, kemudian jahitlah sekeliling tepat di tanda lipatan yang ada pada bisban.



  • hasil jahitan akan tampak seperti berikut, sengaja saya bedakan benangnya biar mudah terlihat (sebenarnya malas mengganti sih, hehehe)


  • kemudian tinggal kita lipat saja keluar sisa lebihan bisban sampai menutupi pinggir kain baju dan jahitan pertama, kemudian jahit sekelilingnya, jika pinggir kain baju di rasa kebesaran guntinglah dahulu sebelum di lipat.



  • hasil dari pemasangan bisban ini akan tampak seperti gambar di bawah ini, selanjutnya agar lebih rapi tinggal kita gosok dengan setrika.




nah seperti itulah proses pemasangan bisban yang mudah, jika sudah ahli bisa juga langsung sekali jahit, tapi kalau saya kadang ada saja yang tidak terjahit di bagian bawahnya, apalagi pemasangannya pada posisi yang melengkung. karena nya cara ini adalah cara yang paling baik, selain bisban yang sudah jadi yang bisa di beli di toko, anda juga bisa membuat bisban sendiri dari kain yang sama dengan kain bajunya, satu hal yang harus di ingat jika akan membuat bisban sendiri adalah guntinglah kain bisban dari kain serong jangan yang lurus, karena kain yang lurus tidak akan mengikuti lengkungan jika di pasang, dan jika di paksa hasilnya akan centang.

jika Anda belum paham dengan apa yang sudah saya jelaskan di atas, Anda bisa menonton tutorial ini dalam bentuk video yang sudah saya unggah di youtube, silahkan menontonnya di sini

demikianlah artikel tentang cara memasang bisban yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini, terima kasih atas kunjungan Anda dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya, jika dirasa bermanfa'at silahkan dibagikan dengan teman-teman yang lain.



Comments

Popular posts from this blog