cara membuat kantong sisi celana standar jahitan tailor

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana membuat saku sisi pada celana, saku sisi letak lubang kantongnya sejajar dengan jahitan sisi celana, saku jenis ini banyak di gunakan pada celana panjang pria maupun wanita.
celana dengan saku sisi jika di lihat dari jauh terlihat seperti tidak ada saku nya, ini karena letaknya yang sejajar dengan garis jahitan sambungan. kekurangan dari saku jenis ini adalah jika kita mengantongi barang yang besar saat duduk biasanya akan jatuh.

lantas bagaimanakah cara pembuatannya, berikut ini adalah langkah-langkah pengerjaannya silahkan di simak:

  • pertama Anda jahit dahulu gulbi saku dengan kain saku lalu jahit kantong sampai membentuk kantong, setelah itu gunting di bagian bawah bahan kantong yang tidak ada gulbinya dengan jarak sekitar 3 cm.




  • jahit juga kedua bagian kain celana pada pinggirnya, jahit jarang di bagian lidah kantong dan jangan lupa untuk memberikan kain pislin di bagian lidah kantong agar pada saat depannya di jahit tidak berkerut




  • setelah itu pasang ujung kain kantong yang di gunting kepinggir kain celana lalu jahit tepat di bagian sisi jahitan kain celana




  • jahit juga bagian sisi celana yang ada obrasannya sehingga menyatu ke bagian kain kantong




  • jika sudah balik kain celana sehingga yang nampak bagian depannya, lalu pada bagian lidah (paspoal)saku jahit keliling dengan jarak selebar kira-kira 6 mili.




  • sekarang kita jahit bagian kain kantong yang ada gulbi nya sehingga menyatu dengan kain celana, jahit di bagian pinggir sisi jahitan celana, jangan jahitan celana tertindas karena akan menutupi lubang saku.



  • jahit juga bagian pinggir sisi kain saku ke bagian sisi kain celana agar lebih rapih



  • lalu balik kembali kain celana ke bagian depan kemudian jahit pada bagian pinggir lidah saku sisi atas dan bawah agar usia kantong bisa lebih lama ketika di pakai, maksudnya tidak cepat robek.



  • jika sudah selanjutnya buka jahitan jarang yang menutupi lubang saku, dan hasil akhirnya akan terlihat seperti gambar berikut ini.




demikianlah cara membuat kantong sisi celana, semoga bermanfa'at dan terima kasih atas kesediaan Anda meluangkan waktu membaca artikel saya ini, dan silahkan membaca artikel saya yang lain, dan jika dirasa bermanfaat silahkan membagikannya ke teman-teman Anda yang lain

Popular posts from this blog