cara mudah membuat kerutan,semok atau rempel pada kain

semok atau kerutan biasanya di gunakan sebagai variasi model pada baju-baju perempuan untuk menambah ke indahan pada baju tersebut, penempatannya bisa pada lengan, badan, atau leher baju. sebagai penjahit kita harus juga menguasai cara membuat kerutan ini.
karena walaupun terlihat seperti sepele, tapi jika tidak bisa membuatnya karena tidak tahu cara nya dan hanya berdasarkan coba-coba, maka hasil nya tentu saja kurang bagus, nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara mengerut kain yang mudah dan mengahasilkan kerutan yang bagus.

pertama pastikan panjang kain yang akan di kerut itu dua kali lipat panjang kain baju yang akan menjadi tempatnya nanti, misalnya kerutan ini akan di tempelkan pada manset tangan dengan panjang 23 cm maka buatlah kerutan nya dari kain dengan panjang 50 cm, ini agar kerutannya terlihat bagus.



  • jika sudah di siapkan kain nya maka selanjutnya kita melangkah ke proses pembuatannya, yaitu pertama sekali kita putar congcot mesin supaya agak kendur dalam menjepit benang jahit.



  • lalu putar juga pengatur jarak langkah gerigi mesin pada posisi paling lebar



  • setelah itu jahit sebanyak dua jalur pada salah satu sisi kain, setelah selesai di jahit sebanyak dua jalur jepit dengan sepatu pada salah satu ujungnya kemudian pegang dua buah benang bagian atas dengan tangan kiri



  • selanjutnya dengan tangan kanan kita geser-geser posisi kain sehingga membentuk kerutan yang sama rata di setiap bagiannya. pada gambar ini salah satu ujung kain di jepit oleh sepatu, maksud  adalah agar lebih mudah saat kita akan melakukan penggeseran kain tersebut, Anda bisa saja menaruh kain tersebut di tempat lain yang di anggap bisa lebih mudah saat menggeser kain tersebut.
     

  • jika dirasa sudah rata, lepaskan ujung kain dari sepatu, dan hasil akhir akan terlihat seperti gambar di bawah ini, selanjutnya tinggal di setrika agar lebih rapi, dan kain semok siap di gunakan untuk di aplikasikan sesuai kebutuhan



apabila di rasa belum mengerti dengan yang sudah saya sampaikan di atas, Anda bisa melihat proses pembuatannya lewat video berikut ini



demikanlah cara yang biasa saya gunakan untuk membuat kerutan, tentu saja masih ada cara-cara yang lainnya, tapi cara ini yang paling bagus menurut saya, dan biasa saya gunakan, terima kasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel saya ini, silahkan membaca artikel saya yang lain, dan jika dirasa bermanfa'at silahkan di bagikan ke teman-teman yang lain.

Comments

  1. Benang atasnya dipegang / ditarik setelah jahitanya jadi atau selagi dijahit ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah di jahit baru di ditarik-tarik neng, jika kurang jelas bisa melihat video nya, terima kasih kunjungan balik nya

      Delete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog