cara menjahit keliman dengan tusuk soom (sum) jarum tangan



Tusuk soom atau suum adalah jahitan pada kain yang di jahit dengan jarum tangan untuk merapatkan atau melekatkan kain yang satu dengan yang lain, biasanya bagian keliman baju atau celana yang menggunakan tekhnik jahit tusuk soom ini, kelebihan tusuk soom adalah bisa menjadikan keliman terlihat dari bagian luar tidak ada jahitan ini di karena kan jahitan yang melekat hanya sedikit sekali, jadi jika di perhatikan dari dekat yang terlihat hanya berupa titik-titik kecil.

Hanya saja kekurangan dari tusuk soom ini adalah keliman mudah lepas, apalagi jika jahitan soom tersebut kurang memenuhi standar dalam pembuatannya, seperti jarak yang terlalu renggang, dan kurang masuknya benang jahit menembus benang kain sehingga kurang terkait.

Tusuk soom merupakan standar jahit kelim di tailor atau butik, karena dengan menggunakan jahitan ini keliman terlihat lebih rapi yang pastinya bisa membuat pelanggan jahit puas atas hasil jahitan kita, karena nya kita mutlak perlu menguasai cara jahit tusuk soom ini.biasanya cara menjahit tusuk soom tangan ini di ajarkan di tempat kursus menjahit jika kita mengikuti kursus.

Bagi Anda yang saat ini belum bisa menjahit tusuk soom, berikut ini adalah tutorialnya, yang pertama adalah, obras ujung celana yang akan di kelim, lalu lipat keliman celana, atau baju yang akan di soom kemudian beri jarum pentul di beberapa bagian yang dirasa perlu agar posisi keliman tidak berubah saat di kerjakan.
 

  • Masukan sehelai benang jahit ke jarum tangan, standarnya jika untuk baju maka cukup sehelai yang di gunakan untuk menjahit soom ini tapi jika untuk keliman celana maka gunakanlah 2 helai benang agar lebih kuat dan tidak mudah lepas. Jika sudah tusukan jarum di bagian ujung kain keliman celana menembus sedikit ke bagian luar kain celana, rasakan tusukan jarum dengan jari Anda, jika ujung jarum terasa menusuk  lalu tarik ke atas jarum jahit.






  • Setelah itu tusukan kembali jarum jahit di obrasan bagian dalam dengan di beri jarak sekitar 1 cm dari tusukan semula, kemudian ulangi langkah ini sampai sekeliling keliman terjahit semua, jika sudah lalu kunci jahitan agar tidak lepas kembali. hasil akhir tusuk soom akan terlihat seperti gambar ini.




  • Balik keluar kain celana dan perhatikan apakah jahitan soom yang kita buat sudah bagus apa belum, jika benang jahit terlihat besar maka tusuk soom kurang bagus, buka kembali jahitannya lalu ulangi langkah di atas sehingga saat di balik keluar tidak terlihat benang jahit, dan yang terlihat hanya berupa titik-titik kecil, coba perhatikan hasil jahitan soom yang saya buat pada gambar di bawah ini.



setelah dirasa hasilnya sudah bagus maka selanjutnya gosoklah ujung keliman dengan setrika panas sampai rapi dan proses pengerjaan pun selesai.

Jika dirasa kurang di mengerti, dengan apa yang sudah saya jelaskan disini, silahkan Anda menonton video berikut ini.



Demikianlah tutorial jahit tusuk soom yang bisa saya berikan dalam kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfa’at bagi Anda yang membutuhkan, terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel ini dan silahkan membaca artikel saya yang lain, dan jika ada teman yang membutuhkan tutorial ini silahkan Anda bagikan kepadanya.

Popular posts from this blog