cara praktis menjahit sarung bantal dan guling

selamat datang, sedikit penjelasan untuk fungsi bantal adalah sebagai tempat kita meletakan kepala saat tidur, kalau guling  gunanya untuk kita peluk saat tidur, kedua benda ini sepertinya wajib ada di atas tempat tidur karena akan mempengaruhi kenyamanan kita jika tidak ada.
bantal dan guling sendiri sarungnya harus rajin kita ganti secara berkala, jika sudah terlihat kotor, karena sarung bantal dan guling yang kurang bersih atau kotor tentu saja selain tidak enak di pandang juga bisa menimbulkan hal yang tidak baik bagi tubuh dan kesehatan kita, karena itu sepertinya kita juga harus mempunyai lebih dari satu sarung bantal dan guling ini.

sarung bantal dan guling biasanya satu paket dengan sprei jika kita membelinya di toko, satu paket sprei biasanya terdiri dari dua buah saring bantal dan satu sarung guling, lalu bagaimana jika kita mempunyai lebih banyak bantal atau guling, ya solusinya membeli secara eceran atau  membuatnya sendiri.

ukuran standar dari sebuah bantal adalah 50x70cm sedangkan untuk ukuran gulung adalah 100x70cm
maka jika kita hendak membuatnya untuk bantal kebutuhan bahannya adalah 52x160cm dan guling adalah 120x72 cm, ini untuk ukuran standar, bisa juga lebih kecil atau lebih besar dari itu di sesuaikan dengan keinginan atau ukuran bantal yang di miliki.

lantas bagaimanakah cara pembuatan sarung bantal dan guling ini jika kita hendak membuatnya sendiri dirumah, berikut ini adalah cara nya:

MEMBUAT SARUNG BANTAL

  •  siapkan bahan sarung bantal dengan ukuran 120x72cm, kemudian jahit kelim kedua ujung atas dan bawahnya.


  • ukur dengan meteran di mulai dari ujung keliman ke tengah sepanjang 70 cm kemudian beri tanda dengan kapur, ini adalah panjang dari sarung bantal nantinnya.


  • setelah itu lipat kain sarung bantal ini menjadi dua secar terbalik yaitu bagian dalamnya berada di atas, sementara kelebihan bahannya lipat agar  berada di bagian tengah


  • jika sudah di jahit bagian kiri dan kanannya selanjutnya obraslah ujung kain tersebut agar lebih rapi dan kuat, lalu balik maka hasil akhir akan terlihat seperti pada gambar berikut ini.



MEMBUAT SARUNG GULING

  • sekarang kita buat sarung gulingnya, siapkan bahan dengan ukuran 120x72 cm lalu jahit seperti pada gambar di setiap ujung- ujung nya.


  • lipat sebanyak dua kali dan ukur dengan meteran agar lebihan keliman adalah sebesar 6 cm, kemudian jahit dengan jarak sekitar 2 cm dari ujung keliman dalam.


  • balik keluar keliman, agar ujung yang di jahit berada di atas, kemudian satukan bagian kiri dan kanannya dan jahit kembali.


  • jangan lupa untuk mengobras juga sisi kelimannya agar kuat dan rapi


  • kalau sudah tinggal di balik, hasil akhir harus terlihat seperti gambar ini, selanjutnya tinggal di beri tali, masukan kedalam lubang yang tersedia dengan menggunkan peniti, tali tersebut bisa Anda beli di toko peralatan menjahit. dan sarung bantal dan guling ini siap di gunakan.


bantal dan guling ini biasanya satu paket dengan sprei nya, jadi warna dan motif kain nya sama semua, pada sprei biasanya terdapat karet pada bagian ujungnya di ke empat sudutnya, jika Anda belum bisa membuatnya, tidak ada salahnya jika membaca artikel yang sudah saya buat.

Baca: cara menjahit karet pada ujung sprei

Demikian lah proses pembuatan sarung bantal dan guling yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan ini, jik ada yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom komentar, terima kasih atas kesediaan Anda membacar artikel ini dan silahkan membaca artikel saya yang lain, jangan lupa untuk membagikannya jika dirasa bermanfa'at.









Popular posts from this blog