gambar pola celana pramuka wanita berikut keterangan nya


jika jaman dahulu anak sekolah siswi yang mengikuti kegiatan pramuka menggunakan rok sebagai seragam bawahannya, maka sekarang di ganti menjadi celana rok atau yang biasa di sebut dengan celana kulot, jadi celana ini pada saat orang yang menggunakannya tidak berjalan akan terlihat seperti rok namun jika berjalan barulah terlihat kalau sebenarnya itu adalah sebuah celana.


hal ini tentunya akan menambah keleluasaan saat bergerak, mengingat kegiatan pramuka adalah kegiatan yang banya di lakukan di alam terbuka, seperti berkemah, menyalakan api unggun, membuat tenda dan yang lainnya.

seragam pramuka bisa dengan mudah kita beli di pasar, namun ada juga sekolah yang mewajibkan siswa sekolahnya mengenakan seragam yang di jahit sendiri yaitu dengan cara mereka memberikan bahan kainnya yang biasanya warnanya sedikit berbeda dari yang ada di pasaran. biasanya sekolah yang lumayan elit dan favoritlah yang seperti ini.

mungkin saat ini anda mendapatkan jahitan membuat seragam pramuka siswi, namun belum mengetahui bentuk dan pola dari celana pramuka wanita ini, oleh karenanya anda memutuskan untuk melihat internet dan kebetulan nyasar di blog ini. nah disini saya akan memperlihatkan bentuk dari celana pramuka siswi ini yaitu seperti yang bisa anda lihat pada gambar.

gambar celana seragam pramuka wanita


pada gambar tersebut celana terlihat seperti rok Sekolah yang menggunakan lipit hadap baik bagian depan maupun belakangnya, untuk bagian belakang di buat polos tanpa saku, sementara untuk bagian depannya menggunakan saku gamblok model kotak, saku gamblok ini adalah saku yang bisa menggembung. ban pinggangnya seperti ban pinggang rok biasa dengan penambahan  tali dan resleting di buat berada di bagian belakang, sama seperti rok sekolah.

jika anda berminat untuk membuat pola celana pramuka ini maka harus mempersiapkan dahulu beberapa ukuran yaitu


  • lingkar pinggang
  • lingkar pinggul
  • panjang rok
  • tinggi pinggul
  • tinggi duduk


setelah ukuran didapat barulah pola bisa dibuat dan untuk pola nya sendiri sama seperti pola rok kulot biasa dengan di berikan penambahan 10 cm di bagian depan untuk lipit hadap, lebih jelasnya silahkan di lihat gambar dibawah ini.

gambar pola celana pramuka wanita


untuk keterangan cara membuat polanya adalah sebagai berikut

A-B         :1/4 lingkar pinggang
A -C        : tinggi pinggul
A-E         : panjang rok
C-D         : ¼ lingkar pinggul
E-F          : ¼ lingkar pinggul + 3 cm
A-L         : tinggi duduk + 1/10 tinggi duduk
L1-R       : 8 cm  sampai 10 cm
L1-R1     : 10 cm sampai 12 cm
A-A1      : 12 cm sampai 16 cm  
   
setelah kain di potong sesuai pola maka selanjutnya adalah proses menjahit, untuk menjahit rok pramuka wanita ini cukup mudah, urutannya hampir sama dengan membuat rok lipit hadap yaitu sebagai berikut


  • pertama sekali kita lakukan jahit obras di sekeliling pinggiran kain hal ini agar pinggiran kain tersebut tidak terurai dan juga menambah kerapihan

  • kemudian kita jahit bagian lipit hadapnya baik bagian depan maupun belakang, lalu pasang resleting di bagian belakang.

  • sambung bagian pinggir rok pola depan dan belakang

  • buat tali dan pasang, tali ini terdiri dari 4 buah dan masing-masing di pasang pada kupnat

  • buat ban pinggang celana lalu pasang, ban pinggang ini bisa menggunakan karet bisa juga tidak

  • jahit kelim bagian bawah ujung celana lalu ukur kembali panjangnya sesuaikan dengan ukuran panjang pelanggan, jika sudah maka tinggal di seterika hingga rapih dan celana siap di gunakan.



dan demikianlah gambar dan pola dari celana seragam pramuka wanita ini semoga bisa memberikan pencerahan untuk anda yang saat ini belum tahu bentuknya, sampai jumpa pada artikel saya berikutnya dan terima kasih atas kunjungannya, silahkan membaca artikel saya yang lain nya

Comments

Popular posts from this blog