cara mengecilkan ukuran kemeja yang kebesaran menggunakan baju contoh


sebuah kemeja yang pas ukurannya tentu akan membuat nyaman pemakainya, selain juga enak untuk di pandang oleh orang lain dan menambah kepercayaan diri pemakainya. Untuk mengecilkan sebuah kemeja yang kebesaran selain dengan cara mengukur badan pemakainya langsung, bisa juga dengan menyesuaikan nya menggunakan kemeja contoh yang sudah pas ukurannya.


ada beberapa ukuran yang penting dan harus di perhatikan saat mengecilkan sebuah kemeja agar terlihat bagus sekaligus enak saat di gunakan, yaitu sebagai berikut:

  • lebar bahu
  • panjang lengan
  • lingkar badan
  • lingkar pinggang
  • lingkar pinggul
  • panjang kemeja

pastikan ukuran yang sudah saya sebutkan di atas tersebut pas, untuk lebar bahu panjang lengan dan panjang baju maka harus di buat pas ukurannya jangan di berikan kelebihan, sementara untuk lingkar badan, pinggang dan pinggul maka harus di berikan kelebihan sebesar 4 cm jika ingin terlihat pas, atau 6 hingga 10 cm untuk keleluasan bergerak.

sebagai bahan tutorial kali ini saya mendapatkan jahitan permak berupa kemeja seragam SMA yang kebesaran dan hendak di kecilkan sesuai ukuran contoh berupa sebuah kemeja juga. coba anda perhatikan gambar di bawah ini




pada gambar tersebut kemeja yang bagian bawah ukurannya lebih besar dari kemeja atas yang menjadi contoh ukurannya. untuk mengecilkannya yang pertama sekali adalah menyamakan bagian lengan baju, dengan cara menempelkan lengan baju contoh ke lengan baju yang hendak di permak, lalu beri tanda dengan kapur sesuai kan ukurannya seperti contoh.






kemudian setelah lengan di berikan tanda maka tinggal kita gunting sesuai tandanya, untuk lengan satunya tinggal kita tempel lengan yang sudah di potong lalu sesuaikan ukuran dan gunting kembali lengan yang satunya.




setelah panjang lengan di samakan dengan panjang lengan baju contoh, maka ukuran lingkar lengannya pun harus di sesuaikan pula, dengan cara lengan baju contoh di tempelkan ke lengan yang akan di kecilkan lalu berikan tanda dengan kapur jahit.



selanjutnya kita samakan lebar bahu, cara nya tempelkan bahu baju contoh ke baju kemeja yang hendak di permak, lalu berikan tanda dengan kapur, teruskan pemberian kapur hingga kerungan lengan, lalu gunting mengikuti tanda kapur yang sudah di buat





kemudian berikutnya kita samakan bagian badan kemeja, dengan cara yang sama yaitu baju kemeja contoh kita tempelkan ke kemeja yang hendak di permak, kemudian berikan tanda dengan kapur jahit dari lingkar badan, pinggang, hingga pinggul. lalu gunting dengan memberikan kelebihan 1.5 cm hingga 2 cm







yang terakhir adalah menyamakan panjang baju kemeja nya, cara nya tempelkan bagian bahu atas kemeja contoh ke bahu atas kemeja yang akan di permak, selanjutnya tinggal kita berikan tanda kapur sesuai panjang baju contoh, kemudian gunting dengan memberikan kelebihan sekitar 3 cm sampai 5 cm untuk keliman.




memotong bagian bawah baju kemeja

proses menyamakan ukuran kemeja sudah selesai selanjutnya adalah proses menjahit kembali baju kemeja ini sehingga menjadi kebentuknya semula, hanya saja biasanya bagian saku kemeja ini akan terlalu ke pinggir ketiak, sehingga perlu kita geser posisinya menjadi lebih keatas dan juga tengah baju,  karena ada baju kemeja contoh maka posisi saku nya tinggal kita samakan saja dengan ukuran posisi saku kemeja contoh tersebut. namun jika tidak ada contoh ukuran maka standarnya pemasangan saku adalah di bagian dada bawah (sekitar 24 cm dari atas bahu untuk pria dan 20 cm untuk wanita) dan sekitar 6 cm dari pinggir tengah baju






merubah posisi saku

setelah posisi saku di rubah menjadi lebih atas dan tengah  maka tinggal kita jahit bagian pinggir baju lalu obras, jahit bagian lingkar lengan, gunting kelebihannya lalu obras, setelah itu pasang kembali lengan ke kerung lengan baju kemeja.






terakhir adalah proses mengelim bagian bawah baju, berikan jarak lebar sekitar 2.5 cm hingga 3 cm,

 
mengelim bawah kemeja
setelah itu  kita samakan kembali ukuran baju tersebut dengan baju contohnya, jika masih ada kekurangan silahkan di perbaiki kembali agar benar-benar sama ukurannya.

menyamakan ukuran kemeja dengan baju contoh


nah seperti itulah kira-kira cara mengecilkan kemeja sesuai ukuran dari baju kemeja contoh, selain untuk kemeja seragam sekolah, cara yang saya sampaikan di atas bisa juga untuk kemeja yang lainnya, seperti kemeja kerja. kiranya cukup sampai disini yang bisa saya sampaikan untuk postingan kali ini semoga bisa memberikan manfaat bagi anda khususnya yang sedang mencari informasi bagaimana mengecilkan kemeja.

oh iya selain tutorial dalam bentuk artikel di blog ini, anda juga bisa menonton video tutorial yang sudah saya upload di youtube, silahkan subscribe channel youtube saya yang bernama jingga modiste.

Comments

  1. Artikelnya bagus untuk menambah wawasan.

    ReplyDelete
  2. Hai sis, thanks for sharing. Jika tertarik untuk membuat pola baju cara menjahitnya juga ada ya. Silahkan bisa mengunjungi situs fitinline

    ReplyDelete
  3. Kasih contoh dong..gmn cara kecilin kemeja yg bagian samping badanya ada variasi atw rampel

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog