Home » » cara membuat dan memasang ban pinggang berkaret

cara membuat dan memasang ban pinggang berkaret



Ban pinggang yang menggunakan karet termasuk banyak yang menggunakannya, jahitan yang biasa menggunakan ban jenis ini seperti rok, celana wanita dan celana anak-anak, penempatan karet nya sendiri bisa pada bagian belakang dan pada bagian sisi kiri dan kanan pinggang.


Untuk pembuatan dan pemasangannya sendiri setiap tukang jahit mempunyai cara berbeda, tapi hasil akhirnya sama. Untuk itu tidak perlu bingung dengan cara menjahit, karena yang mana saja yang di gunakan tidak masalah, yang penting pakaian tersebut jadi, enak di pakai dan pelanggan merasa puas dengan hasil pekerjaan kita.

Disini saya membuat sebuah rok kain yang biasa di pakai sebagai setelan baju kebaya, dimana pada bagian pinggangnya di berikan ban dengan karet pada bagian sisi kiri dan kanannya.

Lingkaran  pinggang rok atau celana yang akan menggunakan karet biasanya di lebihkan sekitar 10 cm dari lingkar pinggang asli, jika di buat sama maka setelah jadi akan sangat kecil dan jika di pakai akan terasa sakit.


  • Untuk membuat ban pinggang berkaret pertama kita berikan tanda dahulu  pada bagian mana karet tersebut akan berada nantinya dengan kapur jahit pada bagian lingkar pinggang rok atau celana, pada contoh disini karet nantinya akan berada tepat pada bagian kupnat depan dan belakang, maka berikanlah tanda pada bagian tersebut.





  • Selanjutnya guntinglah dua lembar kain untuk ban pinggang selebar 10 cm kemudian jahit satukan keduanya dengan di berikan lebihan antara 3 cm sampai 5 cm untuk persediaan jika pinggang akan di besarkan.





  • Letakan bagian sambungan kain ban yang di jahit tepat pada tengah rok, jika pada rok tempatkan di depan sedangkan jika pada celana tempatkan di belakang, kemudian berikan tanda pada kain ban tersebut samakan  tandanya dengan yang ada pada rok 





  • Demikian juga untuk bagian belakang nya berikan juga tanda tersebut.





  • Selanjutnya pasangkan kain pislin dan kain keras ban dengan batas pada tanda kapur tersebut, untuk aturan cara pemasangan pislin dan kain keras ban ini jika Anda belum tahu bisa membaca artikel saya yang terdahulu






  • Setelah itu ukurlah jarak kain yang tidak di beri pislin dan kain keras, bagian ini akan di pasang karet nantinya





  • Potong karet ban berukuran 2.5 cm dengan panjang setengah dari jarak kain yang sudah kita ukur, pada contoh  ini jarak kain tersebut adalah 25 cm, maka karet yang di gunakan adalah 12.5 cm. kemudian jahit pada bagian kiri dan kanan pislin





  • Untuk lebih jelas hasil jahitan karet tersebut tampak seperti ini




  • Setelah itu tempelkan ban ke lingkar pinggang rok, pada setiap bagian yang ada tanda kapur berikan jarum pentul agar lebih mudah saat di jahit nantinya, yaitu posisinya tidak bergeser.





  • Jika sudah jahitlah ban pinggang ke lingkar pinggang rok sekelilingnya





  • Setelah itu jadikan bagian ujung rok tersebut, untuk ujung bagian kiri di berikan lebihan sekitar 3 cm untuk tempat kancing hak nantinya.





  • Lipat ban atur agar lebarnya menjadi 3 cm kemudian pada empat bagian karet yang sudah ada jahitan timpa kembali jahitannya agar posisi lipatan ban yang sudah selebar 3 cm tersebut tidak berubah kembali





  • Selanjutnya jahit tindas sekeliling ban pada pinggir bagian bawah




  • Jika sudah di jahit tindas maka ban akan terlihat seperti ini.





  • Pada bagian karet, jahit tindas pada bagian tengahnya satu jalur, sambil di tarik sampai melar secara maksimal, jahitan pada karet tersebut ada juga yang dua jalur, tapi saya tidak merekomendasikannya karena jika terlalu banyak jahitan pada karet maka daya melar dari karet tersebut akan berkurang





  • Dan berikut ini adalah hasil dari pemasangan ban berkaret tersebut.




Jika kita ingin agar ban pinggang yang berkaret ini tahan lama dan tidak mudah melar, maka pergunakanlah karet ban berkualitas bagus, walau harganya sedikit mahal dengan yang biasa, tapi sebanding dengan tingkat ke awetan nya.

jika Anda masih bingung dengan penjelasan di atas, silahkan menyimak tutorial ini dalam bentuk video berikut ini:

 

Demikian tutorial singkat cara membuat dan memasang ban pinggang berkaret yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini silahkan di praktekan, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya, silahkan membaca artikel saya yang lainnya.



4 komentar:

  1. Bagus artikelnya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Mbak untuk pinggangnya
    Di lebihkan dimana
    Di pinggang kain atau di ban pinggang yang terpisah itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf bantu jawab, kalo tidak salah sepertinya ukuran dilebihkan 10cm di bagian kain rok dan juga di bagian ban pinggang.

      untuk penulis, terima kasih banyak untuk sharing ilmunya.

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Blog Archive

Powered by Blogger.