Susunan benang pada mesin jahit besar (highspeed)


jika pada artikel sebelumnya saya membahas tentang cara mengganti risleting celana jeans maka pada artikel kali ini saya akan membahas tentang susunan benang pada mesin jahit besar (high speed) yaitu mesin jahit yang biasa di gunakan oleh tailor besar, konveksi dan garmen
.

Merk mesin jahit besar (high speed) itu banyak sekali, sebut saja juki, brother, singer, typical, juzi, shanggong dan lain-lain, dari masing-masing merk ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tapi saya sendiri merekomendasikan merk brother, atau singer jika Anda berniat membeli mesin jahit besar, bukan berarti merk lain lebih jelek, tapi karena berdasarkan pengalaman saya, jalan kedua merk mesin ini sangat halus dan tidak rewel jika di gunakan untuk menjahit bahan tebal,  tapi memang harganya lebih mahal di bandingkan dengan merk mesin yang lainnya.

Bagaimana perbandingan kecepatan antara mesin kecil dan besar?

Perbedaan yang paling mencolok antara mesin kecil dengan mesin besar selain dari bentuk fisik adalah dari segi kecepatannya menjahit, mesin jahit besar memang di rancang untuk bisa menjahit dalam kecepatan tinggi, kecepatannya adalah dua kali lipat dari mesin kecil, jika mesin kecil menggunakan dynamo kecil dengan daya listrik 80 sampai 100 watt maka mesin besar menggunakan motor mesin yang daya listriknya lebih tinggi dari mesin kecil yaitu antara 200 sampai 250 watt. Sebagai perbandingan, saat saya menjahit celana pria dengan kantong sisi dan belakang menggunakan mesin kecil membutuhkan waktu sekitar 4 jam, sementara saat menggunakan mesin besar hanya membutuhkan waktu 2 jam. Berarti jika begitu lebih baik membeli mesin besar dong? Tidak juga, sebabnya antara mesin besar dan kecil mempunyai kelebihan dan kekurangan nya masing-masing.

Karena untuk tempat usaha semacam butik, yang mengkhususkan  baju-baju wanita dengan jahitan halus, bertabur payet, semacam kebaya dan gaun pesta atau gaun pengantin fungsi mesin jahit hanya sekedar nya saja karena pengerjaan lebih banyak oleh jahitn tangan, maka menggunakan mesin besar pasti dirasa mubazir karena bisa dipastikan jalan mesin pasti pelan, maka mesin jahit kecil atau mesin jahit portable dirasa lebih cocok untuk jenis tempat usaha ini.

Beda jika untuk tempat usaha jahit macam tailor, konveksi, atau garmen yang jenis pakaian yang dijahit memang membutuhkan tingkat kecepatan yang tinggi dalam penyelesaian maka penggunaan mesin jahit besar ini memang mutlak diperlukan.

Nah jika Anda saat ini berniat meng upgrade mesin jahit kecil dengan yang besar dan belum tahu susunan memasukan benangnya maka disini saya akan memberikan tutorialnya, sebenarnya susunannya sama saja dengan mesin kecil, hanya posisinya saja yang agak berbeda antara kedua mesin ini.


  • Berikut ini adalah susunannya, yang pertama-tama kita taruh benang jahit di tempat benang yang berada di sudut pojok kanan meja mesin jahit, taruhlah di tempat benang yang sebelah kiri, karena yang kanan biasanya di gunakan untuk menggulung sekoci mesin, sebagai cadangan jika sekoci yang sedang dipakai habis.



  • Kemudian tarik ujung benang ke atas lalu masukan kedalam lubang kecil yang berada pada besi palang di atas tempat benang.



  • Tarik ujung benang lalu masukan kedalam lubang besi kecil yang ada di mesin jahit, terdiri dari tiga lubang, masukan kemana saja boleh,, tapi dalam gambar ini saya memasukannya ke dalam lubang sebelah kanan



  • Setelah itu masukanlah benang kedalam congcot mesin tepat di tengah sela-sela dua besi bulat, tarik sampai benar-benar masuk, karena fungsi dari congcot ini untuk mengatur kencang kendornya hasil jahitan nantinya



  • Jika sudah lalu masukan ke dalam lubang besi yang jika mesin digerakan akan bergerak naik turun.


  • Jika sudah, maka langkah selanjutnya tinggal memasukan ke dalam lubang jarum mesin jahit, jika benang sudah masuk maka tariklah benang kira-kira sepuluh senti meter, kemudian turunkan  jarum mesin kebawah ini di maksudkan agar benang jahit tidak lepas kembali saat di gunakan. Dari sini mesin jahit sudah siap untuk digunakan menjahit.





Demikian kira-kira susunan benang mesin jahit besar milik saya di rumah, karena ini mesin jahit lama dan sebagian asesorisnya sudah tidak terpasang, kalau mesin jahit yang baru biasanya lebih lengkap asesoris pendukungnya, seperti ada nya pelindung jarum dan lain-laain, jadi kalau milik Anda berbeda bentuknya dari gambar-gambar yang ada di artikel ini, maka paling juga sedikit perbedaannya, karena susunan pemasangannya bisa saya pastikan sama.

Terima kasih atas kesediaan Anda membaca artikel saya sampai selesai, kritik dan saran yang membangun saya tunggu untuk perbaikan isi artikel ini kedepannya, jika dirasa bermanfa’at silahkan Anda bagikan ke teman-teman Anda yang lain dan silahkan membaca artikel saya yang lain.

Comments

  1. terima kasih min, sangat bermanfaat.
    kalau boleh posting sepatu mesin jahit dan fungsinya.

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog