tutorial memasang benang pada mesin obras kecil



Selamat berjumpa kembali, pada artikel berikut ini saya akan memberikan tutorial bagaimana susunan memasukan benang pada mesin obras kecil, tutorial ini bisa untuk mesin obras dengan berbagai merk seperti singer, butterfly, pegasusu dan yang lainnya. Buat yang belum tahu Mesin obras adalah sebuah mesin yang mempunyai fungsi untuk menjahit pinggiran kain agar tidak terurai,
biasanya mesin obras terdiri dari 3 benang ada juga yang 4 benang, mesin obras 4 benang biasanya di gunakan untuk menjahit kaos..

Mesin obras adalah mesin yang mempunyai pisau pemotong kain, pisau ini berfungsi untuk merapikan pinggir kain sebelum di jahit, jika tidak hati-hati bisa saja bagian tengah kain yang terpotong, seperti yang pernah saya alami dan mungkin penjahit yang lainnya pun pernah mengalaminya juga, jadi sedikit tips saat mengobras adalah, selalu perhatikan bagian kain yang akan di obras jangan sampat ada yang terlipat sehingga masuk ke pisau pemotong karena jika ini terjadi bisa langsung keluar keringat dingin, apalagi jika bahan baju yang sedang di jahit tidak banyak sisanya untuk mengganti bahan yang terpotong oleh pisau mesin obras tersebut.

Untuk langkah-langkah pemasukan benang obras ke mesin obras adalah sebagai berikut, silahkan di simak:

  •  kita mulai dengan menyimpan tiga buah benang obras ke tempatnya masing-masing setelah itu kita mulai dengan benang yang paling kanan yaitu dengan menarik ujung benang ke atas, lalu masukan ke lubang  yang ada di sebelah congcot, lalu masukan kelubang yang ada di bawahnya, untuk lebih jelasnya silahkan melihat gambar di bawah ini:



  • jika sudah selanjutnya kita beranjak untuk memasukan benang yang ada di tengah, pertama tarik ke atas ujung benang dan taruh di tempat besi, lalu masukan ke lubang di bagian mesin obras dan terakhir masukan ujung benang ke lubang jarum, perhatikan gambar di bawah ini.




  • yang terakhir kita masukan benang yang ada di bagian paling kiri, setelah ujung benang kita masukan ke lubang besi yang ada di atas tempat benang selanjutnya buka cover mesin obras, lalu masukan benang kelubang yang ada di belakang cover mesin terus melewati congcot mesin terus masukan ke lubang yang ada di depan congcot tersebut, setelah benang keluar dari lubang tersebut lalu kaitkan ke lubang yang posisinya ada di bawah jarum obrasan, untuk lebih jelasnya bisa di lihat pada gambar berikut ini.



  • sampai disini proses pemasangan benang obras ini sudah selesai, lakukan pengetesan jalannya mesin obras untuk melihat hasil obrasan sudah bagus atau belum.



  • jika saat di tes hasil jahitan obras masih ada yang belum bagus, maka kita bisa menyetel kelonggaran atau kekencangan benang obras dengan memutar mutar ke tiga congcot yang ada di mesin. perhatikan gambar ini.



Untuk selanjutnya jika ingin mengganti benang obras dengan yang baru, kita tidak perlu mengulang langkah-langkah di atas karena cukup kita sambung saja antara benang obras lama dengan yang baru kemudian kita tarik.

Demikianlah tutorial memasukan benang obras kali ini terima kasih atas kunjungan dan kesediaan Anda meluangkan waktu membaca artikel saya, jika ada yang belum jelas silahkan bertanya di kolom komentar, terima kasih.

Comments

  1. Makasih mas tutorialnya lengkap banget,, ijin bookmark dlu ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas, silahkan dan saya nantikan kunjungan berikutnya

      Delete
  2. Kalo hasil obrasan loncat2 gak rapi knapa? Tlng di bantu

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaat, saya sering berkunjung ke blog ini. Menjahit kbetulan jdi hobi baru saya. Mkasih atas postnya. Trus update y..

    ReplyDelete
  4. Ka mau tanya, untuk mesin obras baju dan neci untuk kerudung itu sama atau tidak yaa mesin.y ka,,,
    Trimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog