Cara menjahit kelim neci pada ujung kain



Jahitan alternative neci yang akan kita pelajari disini adalah jahitan keliman yang sangat kecil, jaraknya hanya sekitar 2 mili meter dari pinggir kain. Biasanya Jahitan neci di buat dengan mesin khusus untuk neci yang harganya mahal, jika tidak punya mesin ini kita bisa pergi ke toko alat menjahit yang menyediakan jasa neci
.
Biasanya necian digunakan untuk baju dengan bahan jatuh (halus) dan bahan yang tipis seperti gamis payung, gaun pesta, kerudung atau jilbab dan lain-lain. Pengaplikasiannya bisa dimana saja seperti untuk bawah baju, leher, tangan, atau untuk variasi jahitan.

Jika kita menggunakan jasa necian di pasar maka biaya untuk neci ini biasanya di hitung permeter, semakin panjang maka biayanya semakin besar bayangkan jika misalnya kita menerima order pembuatan 20 kerudung dua lapis yang sangat lebar, dan setelah di neci dan di hitung biaya neci untuk satu kerudung mencapai 10 ribu maka untuk 20 kerudung kita harus mengeluarkan biaya sekitar 200 ribu hanya untuk neci, belum untuk biaya benang jahit, busa, listrik, kopi, cemilan dan lain-lain, maka bisa di pastikan ongkos jahit lebih besar akan di bebankan ke pelanggan kita. Nah sebagai alternative jahit neci, jika kita malas pergi kepasar, kita bisa mengelim kecil pinggir kain ini, bahkan ada sebagian pelanggan menjahit saya yang ingin bajunya di kelim seperti ini dan tidak mau di neci dengan alasan jahitan neci dengan mesin neci mudah lepas setelah beberapa kali mencuci terlebih jika bahannya sangat tipis.

Sebenarnya untuk membuat jahitan kelim kecil ini kita bisa menggunakan sepatu khusus yang ada corongnya, jadi pinggir kain tinggal di masukan kedalam corong tersebut lalu jalankan mesin maka hasilnya jahit keliman kecil yang bagus. Untuk mesin jahit besar sepatu corong ini lebih mudah penggunaannya tapi entah mengapa untuk mesin jahit kecil, sangat sulit. Sudah saya coba berulang kali tetap saja tidak berhasil membuat jahitan keliman yang kecil sempurna, mungkin Anda lebih beruntung.


Nah jika Anda juga tidak bisa menggunakan sepatu corong ini, mungkin cara berikut ini bisa di coba
  • pertama kita jahit sekeliling kain ini tepat di pinggir nya



  • Lalu guntinglah lebihan kain jahitan ini sehingga yang tersisa hanya sekitar 2 mili meter lebar nya



  • untuk lebih jelasnya bagaimana hasil guntingan tersebut coba perhatikan gambar berikut ini 



  • jika sudah di gunting semua kemudian lipat sekali lagi lalu jahit kembali tepat di atas benang jahitan pertama 



  • Hasil akhir dari jahitan kelim neci ini akan terlihat seperti gambar berikut ini



Demikianlah cara menjahit kelim kecil, sebagai alternative jahit neci,  dulu biasanya saya menggunakan cara ini jika malas ke pasar, tapi sekarang karena sudah punya mesin neci maka sudah jarang menggunakan cara jahit seperti ini. Akhirnya terima kasih saya ucapkan atas kesediaan Anda meluangkan waktu membaca artikel ini, dan silahkan membaca artikel saya yang lain. Jika dirasa bermanfa’at silahkan membagikannya kepada teman-teman Anda.

Popular posts from this blog