CARA MENGGANTI RISLETING CELANA JEANS


Risleting merupakan bagian yang penting dari sebuah celana, fungsi utama dari risleting adalah untuk membuka dan menutup bagian pinggang sampai pinggul agar celana bisa di pakai. lantas bagaimana jika  risleting tersebut rusak? sudah tentu menjadikan celana tidak bisa di gunakan, karena bagian yang seharusnya tertutup jadi terbuka dan bisa menimbulkan rasa malu bagi penggunanya.

Pernah kejadian seorang pelanggan datang kepada saya minta digantikan risleting karena rusak, sementara celana yang ada risleting rusaknya tersebut sedang dia pakai, kasusnya adalah kepala risletingnya tidak bisa mengunci sehingga saat di tarik ke atas tetap saja terbuka maka saya memberikannya sebuah sarung untuk dia kenakan sementara celananya saya ganti risletingnya dengan yang baru. dan biasanya lagi rusaknya risleting ini satu paket dengan kancingnya juga.

baca juga: cara mudah mengganti kancing celana jeans

Memang yang namanya benda  di dunia apa pun itu, jika sudah tiba pada masa habis pemakaian ya pasti rusak, tapi tergantung harga juga sih, biasanya kalau harganya lebih mahal rusaknya lebih lama jika di bandingkan dengan yang harganya murah karena yang namanya duit itu tidak bohong, sebenarnya penyebab risleting rusak bisa bermacam-macam seperti usia risleting sudah lama, kualitas dari risleting kurang bagus, cara membuka atau menutup yang kasar atau salah, bisa juga kepala risleting kemasukan benang sehingga macet tidak bisa ditutup dan masih banyak kemungkinan lainnya yang bisa menyebabkan risleting menjadi rusak.

Bisakah risleting yang rusak diperbaiki?

bisa saja, tapi tergantung dari risletingnya, kalau rel nya masih bagus bisa saja kita hanya mengganti kepalanya saja, saya juga sering hanya mengganti kepala risletingnya saja, dengan memanfa’atkan kepala risleting dari celana lain yang pernah saya perbaiki sebelumnya. Tapi cara ini tidak disarankan, karena kekuatan dan tingkat keawetannya tidak bisa di tebak, tapi rata-rata berumur pendek, maksudnya dalam kurun waktu dua atau tiga minggu biasanya sudah rusak kembali, jadi sebaiknya hindari cara ini kecuali benar-benar kepepet, misalnya pelanggan yang  ingin buru-buru sementara stok risleting sedang kosong, dan dia tidak keberatan jika diganti hanya sebagian saja.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengganti risleting?

Waktu yang di butuhkan untuk mengganti sebuah risleting sebetulnya sebentar hanya sekitar 10 sampai 15 menitan saja, dan berikut ini adalah langkah langkah pengerjaannya:

  • pertama buka lah terlebih dahulu risleting lama yang rusak pada celana dengan menggunakan gunting, usahakan agar pada saat membuang risleting lama ini jangan sampai jahitan pada gulbi sebelah kiri ikut tergunting. coba perhatikan gambar di bawah ini, risleting di gunting tepat di pinggir jahitan gulbi, jadi benang jahitan gulbinya tidak di putus, jika risleting ingin agar bisa terbuang semua maka guntinglah sisa risleting tepat di pinggir benang jahitan tersebut untuk selanjutnya di cabut. Sedangkan alasan utama kenapa jahitan tersebut tidak boleh putus adalah karena biasanya, benang celana jeans itu warna dan besarnya unik, jarang di temukan warna yang sama,  selain alasan yang kedua adalah untuk menghemat waktu pemasangan, karena kita tidak perlu menjahit kembali gulbi kiri yang terbuka. Tapi satu hal yang perlu di ingat cara ini hanya boleh digunakan untuk menjahit celana jins jangan di terapkan untuk menjahit risleting celana yang bukan bahan jins.


  • Jika risleting lama sudah di buang selanjutnya pasang sebelah risleting pada gulbi kanan, beri jarum pentul pada salah satu ujungnya kemudian jahit di mulai dari ban pinggang kemudian ke bawah sampai ujung.


  • Setelah sebelah risleting di jahit, selanjutnya jahit sebelah risleting yang satunya, timpa saaja langsung gulbi kiri sampai tembus ke depan celana gunakan benang jahit yang sama warnanya dengan kain celana agar terlihar samar dari kejauhan, jahit di mulai dari ujung bawah sampai atas risleting lalu belokan sampai ban pinggang terjahit juga.




  • Jika sudah selanjutnya jahit juga bagian yang di jahit zig zag seperti pada gambar, ini di maksudkan agar  gulbi kanan yang berada di dalam celana pada bagian bawahnya tidak bisa terbuka.




  • Setelah semua proses penjahitan selesai maka hasil akhirnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini, jika di lihat dari jauh benang jahit yang digunakan untuk menjahit risleting tidak terlihat atau samar-samar.



jika belum mengerti dengan cara yang sudah saya terangkan di atas silahkan menonton tutorial ini dalam bentuk video yang sudah saya unggah di youtube, silahkan menontonnya di sini

demikianlah cara yang saya gunakan untuk mengganti risleting celana jins, semoga bisa bermanfa’at bagi yang membutuhkan, dan saya ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda, silahkan di bagikan ke teman-teman Anda yang lain jika di rasa artikel ini bermanfa’at, dan silahkan membaca artikel saya yang lain.

Popular posts from this blog