cara memperkecil ukuran lebar gamis payung



Pada postingan saya kali ini, saya akan share bagaimana cara saya dalam memperkecil ukuran lebar baju gamis yang bagian bawahnya sangat lebar seperti payung, ini merupakan baju dari pelanggan jahit saya.




Baju ini berwarna biru berbahan kaos tebal, sangat melar dan cukup berat, bagian bawahnya ada sedikit lubang bekas tersangkut step boncengan saat naik motor, karena hal ini maka dia menginginkan agar baju tersebut di rubah ukuran bagian bawahnya menjadi tidak terlalu lebar, juga sedikit di potong  pendek agar lubang bekas tersangkut tersebut hilang. 



Untuk merubah lebar dari gamis payung atau baju lainnya cukup mudah untuk di lakukan, berikut ini adalah langkah-langkah pengerjaannya, silahkan disimak.

Pertama saya memotong dahulu bagian bawah baju ini untuk menghilangkan lubang bekas tersangkut step motor tersebut



Setelah itu melipat dua bagian bawahnya, lalu memberikan tanda dengan kapur jahit selebar 37,5 cm atau seperempat dari lebar keseluruhan, nantinya jika sudah jadi lebar nya akan menjadi 150 cm ini adalah ukuran standar bagian bawah sebuah baju gamis, tapi bisa kurang atau lebih tergantung orang yang memakai.



Kemudian saya menggunting kelebihan bahan tepat di pinggir tanda kapur, dan hanya menyisakan lebihan untuk jahitan sekitar 2 cm





Setelah itu tinggal proses menjahitnya kembali, karena baju gamis ini berbahan kaos yang melar maka saat menjahit tarik lah bagian bawah ke bawah dan bagian atas ke atas secara maksimal sampai tidak melar lagi, baru kemudian jalankan mesin jahit. Ini di maksudkan agar benang jahit mampu meregang mengikuti melar nya bahan nantinya, agar benang tidak mudah putus.



Setelah itu tinggal mengelim bagian bawahnya, dengan cara melipat sebanyak dua kali kemudian jahit, bisa juga di obras lalu lipat sekali dan jahit, atau jika Anda mempunyai mesin overdeck yang khusus untuk mengelim pinggir kaos, bisa juga di jahit dengan itu.



Dan proses mengecilkan ukuran lebar gamis payung ini pun selesai, selanjutnya tinggal di lipat dan di masukan ke kantong plastik.

Demikian postingan yang bisa saya berikan untuk kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments

  1. Maf kk klau ngcilin/ nyekeng bgian pinggilny gmna ya

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog