cara mengatasi kancing jaket almamater berbahan alumunium yang copot atau lepas



selamat berjumpa kembali, pada siang menjelang sore seorang mahasiswi datang kepada saya dengan membawa sebuah jaket almamater kampusnya yang berwarna biru, setiap kampus atau perguruan tinggi mempunyai warna masing-masing untuk jas atau jaket almamaternya, ada yang berwarna hijau, kuning, merah, ungu maupun warna lainnya tergantung keinginan dari kampus tersebut.


Pada hari kuliah biasa, jaket almamater ini tidak atau jarang di gunakan, karena mahasiswa biasanya menggunakan pakaian bebas saat belajar di tempat kuliahnya, jaket ini baru akan di gunakan saat ada ujian, baik tengah semester maupun di akhir semester, biasanya jika mahasiswa tidak menggunakan jaket almamater ini saat ujian maka tidak di perkenankan mengikutinya.

Pada jaket almamater milik mahasiswi yang datang kepada saya dari segi ukuran baik panjang maupun besar sudah pas di badan, jadi tidak ada masalah, yang menjadi masalah nya adalah kancing yang terbuat dari alumunium dan terdapat di bagian depan copot semua.




Kancing jas almamater yang berjenis alumunium memang mudah sekali copot, apalagi jika di tarik dengan kuat, ini di karenakan pemasangannya tidak di jahit, namun hanya di selipkan dengan menggunakan semacam kawat dari tembaga pada bagian dalam kain jaket seperti yang bisa Anda lihat pada kancing di tangan yang belum copot ini.



Kancing ini di pesan khusus oleh pihak konveksi atau garment yang mengerjakan jas almamater tersebut sehingga biasanya terdapat logo perguruan tinggi di kancing tersebut, dan kancing ini sebetulnya jika kawat di bagian dalamnya sudah copot, sulit untuk kita memperbaiki nya kembali, karena kawat tembaga tersebut biasanya patah.

Lantas bagaimana cara memasang kembali kancing tersebut ke jaket alamamater nya?

Disini kita akan sedikit mengakali nya, jadi kancing tersebut akan kita buat seperti kancing biasa yang memiliki lubang untuk di pasang menggunakan benang jahit.

Caranya dengan melubangi sebanyak dua lubang menggunakan jarum mesin jahit, taruh kancing tersebut di bawah jarum mesin jahit dan atur posisinya agar pas, selanjutnya turunkan jarum sampai menembus kancing tersebut dengan cara memutar gelinding mesin jahit menggunakan tangan, dan jangan menurunkan presser foot (sepatu) nya


Sehingga hasil nya akan tampak berlubang seperti berikut ini


Selanjutnya tinggal kita pasang ke jaket dengan menggunakan jarum tangan, untuk pemasangan kancing yang kuat dan tidak mudah lepas kembali sudah pernah saya berikan cara nya pada artikel yang terdahulu.


Pada saat memasang kancing tersebut, gunakanlah benang yang warna nya sama dengan warna kancingnya, di sini kancing nya berwarna kuning emas, maka saya menggunakan warna serupa untuk benang jahitnya, dan jika sudah di pasang maka hasil nya akan tampak seperti berikut



Dan inilah hasil setelah jaket alamamater tersebut di kancingkan, tidak akan terlihat benang jahitnya jika dari jarak jauh, apalagi jika yang melihat matanya rabun, hehehe.


Semoga saja setelah saya pasang kembali kancing jaket almamater tersebut dengan cara ini, tidak akan lepas kembali sampai mahasiswi tersebut lulus dari kuliahnya.

Demikianlah cara untuk mengakali kancing jas almamater dari bahan alumunium yang copot, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, sehingga jika suatu saat mendapatkan permak dengan kasus yang sama seperti ini mengetahui cara nya.

Akhirnya sampai disini tutorial untuk kali ini, terima kasih atas kunjungannya dan silahkan membacar artikel saya yang lainnya



Comments

Popular posts from this blog