cara praktis mengecilkan pinggang celana jeans dengan cepat mudah dan rapi



Setelah pada postingan sebelumnya, saya memberikan tutorial bagaimana membesarkan pinggang celana jeans dengan cara menambah kain pada bagian pinggirannya, maka pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengecilkan pinggang celana jeans yang kebesaran.


Sebuah celana jeans yang kita beli di pasar, terkadang ukurannya kurang pas di badan, bisa bagian kaki yang kepanjangan, maupun pinggangnya yang kebesaran. Bisa juga pada saat masih baru celana tersebut pas di badan, namun setelah sekian lama di pakai ukurannya berubah menjadi lebih longgar, ini biasanya terjadi pada bahan jeans yang melar.

celana jeans dulu nya di Negara asalnya di gunakan oleh para penambang emas saat menggali, dan juga fungsi dari saku kecil yang ada di bagian saku depan untuk memasukan emas yang mungkin di dapat saat penggalian.

Namun seiring dengan perkembangan jaman, celana jeans sekarang di gunakan oleh hampir semua orang dari berbagai kalangan, dan kaum muda lah pengguna terbanyak celana jenis ini. Karena hal tersebut maka menjamurlah perusahaan garment dan konveksi yang memproduksinya, sehingga mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Jika celana jeans buatan lokal, jika di jawa barat banyak di produksi di Bandung, biasanya di banderol dengan harga yang murah berkisar antara 100 hingga 150 ribuan saja bahkan ada yang harga 80 ribu, maka celana jeans import bisa 3 sampai 4 kali lipat harganya. Yang membuat mahal mungkin biaya mendatangkannya kesini dan juga bea cukai masuknya, di samping kualitas bahan yang digunakan, karena kalau dari mesin jahit, kualitas jahitan saya perhatikan sama saja, tidak ada bedanya.

Celana jeans sendiri mempunyai ciri khas pada jahitannya yaitu di jahit dengan benang jahit yang besar dengan 2  jalur jahitan, resletingnya menggunakan yang terbuat dari besi, memakai kancing besi sebagai pengunci ban pinggang juga terdapat paku keling pada tiap sudut saku bagian depan, dan satu lagi, yaitu terdapat merk celana jeans tersebut yang di sablon pada selembar kulit berukuran kecil dan di jahit di bagian belakang ban pinggang celana. Model celana ini tidak banyak berubah dari awal ada hingga saat ini.

Sebagai tukang jahit, kita harus mampu untuk mengecilkan celana jenis ini, karena banyak yang menggunakan maka order permak celana jeans ini bisa di pastikan selalu ada, Untuk mengecilkan celana jeans yang kebesaran di bagian pinggang, sebenarnya sangat mudah, proses pengerjaannya hanya sekitar 10 sampai 20 menit saja untuk yang sudah terbiasa melakukannya.

Untuk menjahit celana tersebut, karena berbahan denim yang tebal maka gunakanlah jarum bernomor besar, saya sendiri menggunakan jarum no. 18 sedangkan merk jarum, bebas, namun sebaiknya menggunakan jarum yang paling bagus. Agar tidak mudah patah.

Sedangkah proses pengerjaan mengecilkan celana jeans ini sendiri, bisa Anda simak langkah-langkahnya sebagai berikut, silahkan di simak.


  • Disini saya mendapat sebuah celana jeans yang kebesaran pinggangnya sekitar 6 cm, sebagai langkah awal, saya membuka sebagian ban  pinggang celana tersebut, dari pinggir ke belakang.





  • Setelah itu menjahit bagian pinggirannya dengan jarak lebar 1.5 cm atau seperempat dari ukuran yang harus di kecilkan., disini saya tidak menggunting sisa lebihannya karena hanya sedikit, jika lebih dari 3 cm maka harus di gunting agar bagus.





  • Lalu pada bagian depan saya melakukan jahit tindas tepat di pinggir jahitan sambungan pada kain celana bagian belakang.





  • Selanjutnya melipat dan menjahit ban pinggang sebesar 3 cm, kemudian menggunting ujungnya.





  • Setelah itu menjahit bagian ujung lipatan atas dan bawah, agar lebih mudah saat akan memasangnya kembali ke lingkar pinggang celana.





  • Jika sudah maka selanjutnya tinggal menjahitnya kembali ke lingkar pinggang celana. jika sulit, gunakan jarum pentul agar posisi tidak berubah





  • Terakhir yaitu menjahit kembali tali gesper nya




Lakukan pemeriksaan terhadap kualitas jahitan, siapa tahu ada yang salah jahit, lalu ukur kembali lingkar pinggangnya dengan menggunakan pita meteran, apakah sudah sesuai dengan yang seharusnya, jika di rasa tidak ada kesalahan dan ukurannya sudah benar, maka proses pengerjaan mengecilkan celana jeans ini selesai, tinggal di lipat dan masukan ke kantong plastik.

Demikianlah tutorial yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Anda, terima kasih atas kunjungannya, dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

Comments

  1. Replies
    1. kl bukan tukang jahit memang gak bakal paham mas, hehehe... makasih sudah mampir

      Delete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog