cara mengakali kerung leher baju yang terlalu besar

saat membeli sebuah baju dari pasar, adakalanya model lehernya terlalu lebar dan besar, sehingga pada saat di pakai terlalu kebawah, sehingga buah dada terlihat. seperti yang terjadi pada pelanggan menjahit saya, dia mempunyai baju tanktop yang terbuat dari bahan kaos dengan leher yang terlalu besar, sehingga meminta saya agar mengecilkannya.
baju tanktop ini terdiri dari 2 bahan, yang bagian atas terbuat dari bahan kaos, sementara bagian bawahnya dari bahan katun, kedua bahan tersebut disambung pada bagian pinggang. sebenarnya untuk mengecilkan kerung leher tersebut kita bisa  memendekan bagian bahu, namun resikonya bagian kerung ketiak akan ikut mengecil dan panjang baju akan berkurang.




disini bagian kerung ketiaknya sudah kecil, jika saya buang bagian bahunya maka akan lebih kecil lagi, memang sih bisa dibuat ulang dengan menggunting bagian sisi badan, namun prosesnya akan menjadi lebih ribet dan lama karena harus membisband ulang.

setelah dipikir sejenak, akhirnya saya memutuskan untuk menutup saja sebagian kerung leher tersebut dengan kain, dan untuk bahan kainnya saya akan memakai dari kain bagian bawah, kebetulan bagian bawahnya mempunyai model lebar, sehingga kita bisa ambil untuk di tempel ke bagian atas.


akhirnya saya memotong kedua sisi bagian bawah baju tanktop ini, potongannya nanti akan saya gunakan untuk menutup sebagian kerung leher baju ini. masing masing sisi saya gunting kurangi 10 cm


setelah di perhatikan, bentuk dari hasil potongan sudah berbentuk v, jadinya saya tidak perlu melakukan modifikasi untuk lebih mempercantiknya, jadi saya tinggal menempelkannya saja ke kerung leher baju ini, saya mulai dari bagian belakang baju, saya ambil jarak 6 cm ke bawah dari ujung bahu. lalu say berikan jarum pentul di sekeliling kerung leher agar posisi kain penambal tidak berubah saat dijahit, selanjutnya saya jahit tindas sekeliling kerung leher ini, jahitan mengikuti jahitan bisban.





coba perhatikan gambar diatas, seperti itulah hasilnya setelah dijahit, namun ini belum selesai, karena bagian belakangnya harus kita jahit obras, pertama kita gunting kelebihan kain penambalnya mengikuti kerung leher, buat kelebihan sekitar 1 cm untuk obrasan. setelah itu tinggal kita obras sekelilingnya hal ini dilakukan agar menjadi rapi dan tidak mudah terurai pada saat baju tanktop ini dicuci





untuk bagian depannya juga caranya sama seperti cara diatas, hanya saja kain penambalnya saya buat  sedikit lebih kebawah yaitu 8 cm, lalu dibagian depannya saya buat hiasan pita sebagai variasi dan juga pembeda antara depan dan belakang, agar tidak bingung saat baju tersebut dipakai pemiliknya.


 dan langkah terakhir adalah menyambung kembali bagian pinggir yang digunting, setelah itu diobras maka pekerjaan pun selesai. langkah pengerjaannya membutuhkan waktu sekitar 25 menit, untuk upah permaknya saya memasang tarif jasa Rp.15000.

kiranya cukup sampai disini artikel yang bisa saya tulis dipostingan kali ini, semoga bisa memberikan wawasan bagi Anda yang mungkin saat ini mempunyai jahit permak dengan kasus yang sama. terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa dipostingan berikutnya.

Comments

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog