cara memendekan lengan dan bagian bawah gamis pria

Saat sedang mengerjakan jaket merah yang bagian resletingnya rusak, tiba tiba datang seorang bapak yang meminta saya untuk memendekan gamis miliknya. model gamis pria sendiri sedikit berbeda dengan pola baju pada umumnya, dimana bagian lengannya menyatu dengan sebagian pola badan dan ada potongan garis princes dari bagian bahu sampai bawah, juga saku bobok dibagian sisinya.
sibapak bercerita bahwa sebelumnya sudah menjahit kelim sendiri bagian bawah baju gamis ini menggunakan jarum tangan, namun karena susah akhirnya dia memutuskan untuk membawanya ketukang jahit, dan tempat saya yang dipilih oleh beliau.


untuk memotong baju gamis ini tentunya yang pertama sekali adalah mengetahui berapa ukuran yang diinginkan, oleh karenanya saya mengukur bagian panjang baju dan juga panjang lengannya, dan didapat hasil ukuran sebagai berikut


disitu tertulis jika panjang baju 139 cm, lebar bahu 42 cm dan untuk panjang lengannya 55 cm. setelah mengeluarkan gamis dari kantong kresek, saya lalu menggantung baju gamis tersebut menggunakan hanger pada tembok, lalu mulai mengukur panjang bajunya dengan cara menempelkan ujung pita meteran pada bagian bahu yang paling atas setelah itu membuat tanda dengan kapur jahit di panjang yang sesuai dengan ukuran yaitu 139 cm




tanda panjang gamis sudah didapat selanjutnya saya membuat garis lurus menggunakan penggaris, saya pastikan bagian bawah gamis sama ratanya sebelum di garis lurus, setelah itu saya gunting 4 cm lebih rendah dari tanda garis yang dibuat, 4 cm ini untuk keliman nantinya.





setelah itu saya menaruhnya dilantai, bagian ujung gamis yang digunting masih terlihat ada yang tidak rata guntingannya, oleh karenanya perlu di ratakan kembali dengan cara digunting ulang pada bagian yang tidak rata tersebut agar memudahkan saat proses mengelim nantinya




setelah dirasa bagus, maka selanjutnya kita melangkah ke bagian atas, yaitu panjang lengan. untuk memotong panjang lengan gamis ini, pertama kita harus memberikan tanda menggunakan kapur  sesuai lebar bahu hasil ukuran, yaitu 42 cm.


 barulah setelah ukuran lebar bahu didapat, kita mengukur panjang lengan yang dikehendaki yaitu 55 cm di mulai pada bagian tanda lebar bahu sampai batas ujung lengan, setelah itu saya berikan tanda garis sebagai patokan pada saat mengelim nantinya, lalu saya gunting 5 cm lebih bawah dari tanda yang dibuat untuk lipatan keliman nantinya.



panjang lengan tersebut baru sebelah yang diberikan tanda, sementara sebelahnya belum, untuk memberikan tanda pada bagian lengan yang sebelahnya, pertama kita lipat baju gamis tersebut. pastikan bagian tanda bahu saling bertemu, selanjutnya tinggal digunting dan berikan tanda garis sesuai lengan yang terlebih dahulu di gunting.



bagian bawah dan juga lengan gamis sudah di potong sesuai ukuran yang dikehendaki, maka selanjutnya tinggal kita jahit kelim kembali bagian bawah dan lengan tersebut, caranya adalah tinggal melipat lalu jahit, untuk jarak lebar bagian bawah sekitar 3,5 cm, sementara bagian lengannya  3 cm







setelah proses mengelim selesai maka selesailah sudah memendekan gamis pria ini, agar lebih rapi, Anda bisa menggosoknya dengan seterika yang panas, waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakannya adalah sekitar 30 menitan, dan saya meminta upah jahit sebesar Rp.15000.

kira cukup sekian yang bisa say sampaikan dipostingan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Anda dalam menambah wawasan seputar jahit permak, sampai jumpa pada postingan berikutnya dan silahkan membaca artikel yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog