cara membesarkan lingkar pinggang dan pinggul celana kulot

seorang pelanggan jahit saya membawa 3 buah celana untuk dipermak, 1 buah celana pendek  bagian resletingnya rusak, sementara yang dua adalah celana kulot yang bagian pinggang dan pinggulnya sempit dan meminta saya agar membesarkan nya.



untuk celana yang ganti risleting tidak akan saya bahas dipostingan ini karena sudah pernah saya buat artikelnya dipostingan sebelumnya, untuk postingan kali ini saya ingin membagikan cara saya dalam membesarkan bagian pinggang dan pinggul dari celana kulot ini.



pada gambar diatas bisa Anda lihat bahwa bagian depannya tidak memakai resleting, sementara bagian belakangnya menggunakan karet elastik, bagian bawahnya sangat lebar karena lebarnya dibuat rata sama dengan lebar paha, ini adalah ciri dari celana kulot. kemudian saya mengukur pinggul dari pelanggan, ukurannya adalah 114 cm, sementara ukuran pinggul celana ini suma 86 cm, maka kurangnya 28 cm + untuk kelonggaran sekitar 6 cm jadi bagian yang harus ditambah adalah 34 cm agar celana ini enak untuk dipakai.

penambahan segitu lumayan besar, sementara kain penyambungnya tidak ada yang sama warnanya, maka saya berinisiatif menanyakan apakah bagian bawahnya mau dikecilkan sekalian, dan ternyata pelanggan saya menyetujuinya, karena memang terlalu lebar kata dia, hal ini tentunya menjadi angin segar buat saya, jadi tidak perlu mencari-cari kain untuk menyambung, tinggal gunakan saya kain guntingan dari bagian bawah celana ini.


 saya mulai pekerjaan dengan mengecilkan bagian bawah celana, saya buat menjadi 20 cm lebar bawahnya lalu buat garis  lurus sampai ke bagian lingkar pesak, setelah itu saya gunting, dan sisa guntingannya ternyata lumayan besar ada sekirar 20 cm lebarnya.

lalu bagian sisi sambungan pinggang dan pinggul saya buka, panjangnya saya samakan saja dengan panjang sisa guntingan dari bagian bawah celana, hal ini agar lebih praktis, jadi saya tinggal menyambungkannya nanti, tidak perlu mengukur-ukur lagi. untuk kain ban pinggangnya karena terpisah, jadi saya buka sedikit sebelum mengguntingnya.



selanjutnya kita akan menyatukan kembali bagian bawah celana yang dipotong tadi, caranya tinggal menjahitnya dari ujung kiri, terus kebagian selangkangan dan selanjutnya ke bagian ujung celana bagian kanan, lalu saya obras dan bagian keliman yang sedikit terbuka saya jahit ulang.





bagian bawah selesai, selanjutnya kita menuju kebagian atas, pertam kita jahit bagian kain ban pinggang ke kain celana, disini terlihat ada perbedaan panjang sedikit, antara kain ban dengan kain celananya, maka saya gunting kain celananya agar sama dengan kain ban pinggan, hal ini agar memudahkan saat proses menyambung kain nantinya.






lalu jika sudah maka tinggal menyambung kain sisa potongan bagian bawah celana, saya mulai dengan menyambungkan dengan bagian sisi depannya, coba perhatikan dibagian ujung atas ban pinggang, saya melipat kedalam sedikit kain sambungan setelah itu saya jahit tindas, lalu mengobrasnya, maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah








bagian depan selesai disambung, selanjutnya melangkah kebagian belakang, dengan tekhnik yang sama seperti bagian depan, yaitu dibagian ujung atas ban pinggang saya lipat kain penyambungnya sedikit kedalam untuk nantinya dijahit kelim.



setelah di obras maka langkah terakhir adalah menjahit kelim bagian ujung atas dari kain penyambung ini maka proses dari membesarkan celana kulot ini selesai.


untuk hasil akhir setelah celana selesai adalah seperti gambar dibawah ini, bisa anda lihat bagian pinggul dan pinggannya menjadi besar, karena menggunakan karet elastik dibagian bawahnya maka tidak perlu khawatir akan terlalu besar bagian pinggangnya, karena karet elastiknya bisa menyesuaikan besar dari pinggang.



waktu yang saya perlukan untuk proses mempermak celan ini sekitar 30 menit, sementara ongkos jahitnya saya memintar Rp.15000 kepada pelanggan menjahit saya. karena ada 2 celana yang harus saya kerjakan maka jadi Rp.30000 ditambah ganti resleting Rp.10000, maka total upah kerja yang saya terima adalah Rp.37500 karena yang Rp.2500 adalah biaya beli resletingnya. demikian  artikel yang bisa saya tulis di kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Anda dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Comments

  1. Thanks for sharing, jika sedang mencari bahan kain yang berkualitas dengan harga murah.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : fitinline..

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog