cara mengecilkan celana model pensil


pada postingan kali ini saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara mempensil sebuah celana, jadi celana yang awalnya kebesaran di bagian paha, lutut dan ujung kaki bagian bawah kita permak agar menjadi slim di badan saat di pakai. sebenarnya untuk mempensil sebuah celana itu sangat mudah sekali, yang penting kita mendapatkan ukurannya, bisa di dapat dengan cara mengukur badan langsung atau dari celana contoh.

celana seragam anak sekolah SMA

ciri celana pensil adalah kecil di bagian bawah dan bagian lutut juga paha, hanya saja celana yang terlalu slim atau pensil akan terasa ketat saat di gunakan dan sulit saat di buka, kecuali celana tersebut terbuat dari bahan kain yang melar.  jika celana seragam sekolah biasanya akan terkena razia dan akan di gunting bagian bawahnya sebagai tanda tidak boleh di kenakan saat bersekolah.

namun banyak juga siswa yang bandel  dan tidak mengindahkan peringatan yang sudah di berikan oleh pihak sekolah, jadi walaupun sudah di gunting tetapi tetap saja celana tersebut di pensilkan kembali ke tukang jahit. hal ini menjadikan order permak celana model seperti ini akan selalu ada, bukan hanya dari siswa pelajar, namun juga dari para anak muda yang mulai bekerja dan sangat mementingkan penampilan yang modis dan trendi.

terkadang celana tersebut sebelum di buat pensil, bagian bawahnya akan dipotong terlebih dahulu karena kepanjangan, setelah di potong sesuai ukuran yang di inginkan maka tinggal kita balik dan berikan ukuran baru di garis sambungan luar celana sesuai dengan keinginan, yaitu berikan tanda pada garis lingkar bagian bawah sesuai ukuran yang sudah di dapatkan.




berikan tanda pada bagian lutut sesuai dengan ukuran baru, untuk mengetahui tinggi lutut, ukur dari pinggang sampai lutut, atau jika tidak tahu bisa dengan di kira-kira yaitu 50 cm dari bawah pinggang untuk orang dengan tinggi sekitar 160 cm dan 55 cm untuk yang lebih tinggi dari itu.


setelah itu tarik garis lurus sampai ke bagian paha, jika bagian paha nya hendak di kecilkan juga maka silahkan berikan tanda garis di bagian paha, lalu jahit sesuai tanda dan gunting.


obras bagian pinggirnya agar kain tidak terurai sekaligus menambah kerapihan.


jahit kelim bagian ujung celana, caranya dengan melipat sebanyak 2 kali kemudian jahit sekelilingnya, perhatikan hasil jahitan keliman, jangan sampai ada bagian yang terlipat karena akan mempengaruhi kerapihan.





setelah itu ukur kembali panjangnya dan besar dari lingkaran masing-masing bagian yaitu lingkar paha, lingkar lutut dan lingkar ujung celana, jika masih kurang kecil atau kurang besar bisa di rombak kembali. setelah proses menjahit selesai, maka garis tengah celana akan berubah karena sudah di seterika di pabrik, oleh karenanya perlu kita bentuk kembali garis tengah celana ini dengan cara di seterika kembali.

garis tengah celana perlu di bentuk ulang dengan di seterika


disini saya tidak memberikan tanda di bagian dalam sambungan, karena biasanya akan melintir saat di gunakan dan juga jika lingkar paha di kecilkan di bagian dalam, maka akan mengakibatkan lingkar pesak menjadi pendek, kecuali memang  pelanggan menghendaki juga akan lingkar pesak (selangkangan) nya di buat lebih pendek.

dan seperti itulah proses mempensil celana, cukup mudah untuk di kerjakan bukan? semoga artikel ini membantu, atau setidaknya memberikan gambaran kepada anda bagaimana cara mempermak sebuah celana yang besar sehingga pas saat di gunakan, jika ada kekurangan silahkan di kembangkan sendiri tekhniknya nanti.

Comments

Popular posts from this blog