cara memotong celana jeans yang kepanjangan



Ada kalanya celana yang kita beli di toko swalayan maupun pasar terlalu kepanjangan, dan sepertinya memang sengaja di buat lebih panjang dari seharusnya agar bisa di gunakan oleh macam-macam orang yang mempunyai tinggi yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Saya sering sekali mendapatkan jahitan permak untuk memotong celana yang kepanjangan agar sesuai dengan panjang kaki penggunanya.


Seperti celana yang saya dapat ini,  merupakan sebuah celana baru ini di buktikan dengan adanya label yang menempel di bagian pinggangnya, celana ini adalah celana untuk wanita, karena bahannya melar dan mampu mengikuti bentuk tubuh jika di pakai, dan biasanya pas di badan, jadi kurang cocok jika di gunakan oleh pria karena akan terlihat feminim, walaupun sebenarnya pada awalnya celana merupakan pakaian untuk laki-laki, namun karena perkembangan jaman maka celana di pakai juga oleh wanita.

Merk dari celana jeans melar berwarna biru dongker ini adalah my size



Dan di banderol dengan harga yang cukup lumayan menguras isi dompet bagi yang berpenghasilan menengah kebawah yaitu Rp. 345000 ini termasuk murah karena ada juga celana jeans yang harga 800 ribu bahkan di atas 1 juta rupiah.



Modelnya sendiri adalah model celana jeans dengan saku bulat bobok di bagian depan dan saku tempel di bagian belakang. dan jika di perhatikan maka hiasan bordir pada bagian saku membentuk kata MS



Pemiliknya meminta agar di potong menjadi ukuran 100 cm sesuai contoh celana yang di berikan dan juga di kecilkan di bagian pinggang selebar 2cm, untuk itu langkah pertama yang saya lakukan untuk melakukan pemotongan pada celana ini adalah menempatkannya di meja potong bahan, dan di posisikan agar bagian pinggirnya yang menghadap ke atas seperti gambar berikut



Setelah itu saya menempelkan ujung pita meteran ke bagian ujung ban pinggang




Lalu meluruskan pita meteran tersebut mengikuti garis sambungan celana, dan di posisi ukuran yang di kehendaki yaitu 100 cm saya memberikan tanda dengan kapur jahit pada celana.



Kemudian memberikan tanda yang lebih jelas dengan cara menggaris lurus secara horizontal




Dan memotongnya dengan memberikan lebihan untuk jahitan kelim sepanjang 3 cm



Karena panjang celana buatan pabrik biasanya antara bagian kiri dan kanan belum tentu sama, maka kita harus menyamakan panjangnya, cara nya ialah dengan menempelkan bagian sisi kiri dan kanan dari celana tersebut seperti gambar berikut ini



Di bagian bawah setelah di rasa sama maka berikanlah tanda kapur sesuai dengan ukuran , dan lakukan pemotongan seperti  bagian celana sebelahnya.




Jika sudah maka selanjutnya mencocokan benang jahit dengan benang jahit yang di gunakan untuk menjahit celana tersebut, jika tidak ada yang sama, maka gunakan yang agak mirip-mirip. memang juga benang jahit tersebut biasanya tidak akan ada yang sama persis, karena celana jeans ini sudah melewati proses pencelupan agar terdapat efek stone wash yaitu menjadi belel tanpa mengurangi kualitas dari bahan nya.




Lalu lipatlah ujung celana sebelah luar tersebut sebanyak dua lipatan dan samakan besar kelimannya dengan keliman celana sebelum di potong, lalu berikan jarum pentul agar posisinya tidak bergeser saat di jahit nantinya



Untuk ujung celana bagian dalam lakukan lipat juga sebanyak 2 kali namun tidak perlu di berikan jarum pentul namun langsung saja di jahit sekelilingnya.



Hasil jahitan kelim akan tampak seperti berikut ini



Untuk bagian pinggangnya harus di kecilkan selebar 2 cm, karena pemiliknya meminta hanya di jahit cubit di bagian kiri dan kananya maka saya pun melakukan apa yang di minta olehnya yaitu menjahitnya seperti itu.



Kira-kira hasilnya akan jadi seperti ini



Jika di lihat dari bagian luar akan terlihat begini



Dan proses memotong celana ini pun sudah selesai selanjutnya tinggal kita lipat, atau jika celana tersebut milik sendiri maka bisa langsung di pakai.



Demikianlah proses memotong celana yang kepanjangan, cara ini bisa di gunakan untuk memotong celana berbahan dan model apa saja baik celana pria maupun wanita. Dan postingan ini saya cukupkan sampai di sini, semoga bisa menambah wawasan Anda dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments

Popular posts from this blog