cara memendekan bahu seragam sekolah yang kelebaran


baju seragam atasan berupa kemeja di gunakan oleh murid sekolah mulai dari SD, SMP, SMA , bisa kita beli dengan mudah di pasar dengan harga yang bervariasi tergantung dari kualitas kain dan jahitannya. biasanya menjelang tahun ajaran baru, orang tua siswa sibuk mempersiapkan keperluan masuk sekolah, dan salah satu keperluan yang terpenting adalah baju seragam.


jika kita membeli seragam di pasar, biasanya berdasarkan nomor, semakin besar nomornya maka semakin besar juga seragam nya. karena ukuran yang di gunakan di konveksi seragam ini adalah di buat sama rata, maka banyak seragam ini yang akhirnya kurang pas saat di kenakan, karena postur tubuh siswa yang menggunakannya tidak pas.

oleh karena tidak pas maka haruslah di permak agar pas saat di gunakan, badan siswa yang menggunakan seragam ini ada yang sudah pas di badan, namun bagian bahu nya terlalu lebar, sehingga kurang bagus di pandang, jika anak yang menggunakannya cuek maka tidak jadi soal, tetapi jika anak yang menggunakan termasuk yang mementingkan penampilan, maka hal ini cukup mengganggu. oleh karenanya mereka memilih untuk memotong sedikit bagian bahu ini agar pas dengan lebar bahunya.

jika saat ini anda  mendapatkan jahitan seperti itu dan belum mengetahui bagaimana cara mempermaknya, maka pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi caranya, silahkan disimak penjelasannya.

pertama sekali kita harus membuka bagian lengan baju ini hingga terlepas dari kerung lengan, hal ini untuk memudahkan saat lebar bahu akan di buang. setelah itu kita tinggal ukur lebar bahu nya sesuaikan dengan ukuran lebar bahu yang di kehendaki dan kemudian gunting.



karena bagian badan tidak ikut di kecilkan maka setelah bahu di buang kerung lengan akan menjadi sedikit lebih besar dari lingkar lengan baju



oleh karena nya kita harus membesarkan lingkaran lengannya, cara nya dengan menurunkan tinggi puncak lengan ini menjadi 12 cm, karena biasanya baju seragam tinggi puncak lengannya 9 cm jadi kita turunkan sekitar 3 cm selanjutnya bentuk lekukan kerung lengan.





setelah itu jika bagian ujung lengan ingin di kecilkan maka silahkan di sesuaikan dengan keinginan, lalu selanjutnya tinggal kita pasang kembali bagian lengan ini ke badan baju, dan kemudian di obras,  silahkan menggunakan  jarum pentul di beberapa bagiannya jika belum bisa menjahit langsung.



sampai proses ini pekerjaan sudah selesai, amati hasil jahitan kita apakah masih ada kesalahan seperti berkerut, terlipat dan lainnya, jika sudah bagus maka selanjutnya ukurlah kembali lebar bahu baju tersebut apakah sudah sama dengan yang di inginkan, jika sudah maka tinggal kita seterika, lipat dan masukan ke tempat yang bersih, atau bisa juga di gantung.

hasil setelah bagian bahu di pendekan


dan seperti itulah cara untuk mengecilkan lebar bahu baju seragam, cukup mudah bukan? cara ini bisa juga di gunakan untuk mengecilkan bahu baju yang lainnya, seperti baju seragam kerja, baju wanita semacam blus atau gamis, selamat mencoba.

Comments

Popular posts from this blog