cara memotong baju gamis yang kepanjangan


pada saat membeli  baju gamis dipasar, biasanya bagian bawahnya terlalu panjang, hal ini di karenakan ukuran gamis yang di jual di pasar mengikuti ukuran S, M, L, XL dan lainnya, oleh karena nya perlu kita potong, terlebih lagi jika anda adalah orang dengan fostur tubuh yang pendek.


berdasarkan pengalaman saya menjadi penjahit, panjang gamis yang harus di potong ini berkisar antara 5 cm sampai 20 cm, karena biasanya gamis yang di jual di pasar mempunyai ukuran panjang 140 cm dan jika tinggi tubuh anda adalah 125 cm maka gamis tersebut harus di potong sekitar 15 cm.

untuk memotong sebuah gamis, ada 3 cara yang bisa kita gunakan dalam mendapatkan ukuran yang pas, cara yang pertama adalah dengan meminta pelanggan menggunakan baju gamis tersebut, lalu suruh berdiri tegap jangan sambil menunduk, tanyakan padanya ingin di potong sampai bagian mana, setelah itu tinggal kita berikan tanda dengan menggunakan kapur di bagian yang di inginkan.

sedangkan cara yang kedua adalah dengan mengukut badan pelanggan menggunakan pita meteran tanpa pelanggan harus mengenakan gamis tersebut. cara untuk mengukur panjang baju gamis sendiri adalah dengan menempelkan ujung pita meteran ke bagian bahu atas (leher bagian bawah) lalu ratakan pita meteran ini sampai batas ukuran gamis yang di inginkan, biasanya di bawah mata kaki.

cara yang ketiga ialah dengan menggunakan baju gamis contoh yang sudah pas ukurannya, untuk mendapatkan ukuran tersebut caranya taruhlah gamis yang menjadi contoh di meja atau lantai yang bersih, selanjutnya tinggal kita ukuran menggunakan pita meteran dari bagian bahu atas sampai bawah gamis. atau bisa juga di ukur dengan cara menggantungnya menggunakan gantungan baju yang terbuat dari plastik atau kayu.

setelah ukuran di dapat maka tinggal kita potong gamis tersebut sesuai ukuran baru dengan memberikan lebihan untuk jahitan kelim. untuk baju gamis yang bermodel payung maka cara memotongnya adalah dengan di gantung menggunakan gantungan, lalu berikan tanda sesuai ukuran yang di inginkan, selanjutnya dalam posisi tergantung langsung gunting gamis tersebut.


langkah selanjutnya adalah menjahit kembali bagian bawah gamis tersebut, bisa dengan cara di jahit kelim kecil antara 0.5 cm hingga 1,5 cm atau bisa juga di selesaikan dengan cara di neci, untuk gamis payung yang jika di jahit kelim biasa memakan waktu lama. jika kita menyelesaikan jahitan bawah gamis yang di poton ini dengan cara di kelim, maka biasanya akan terlihat melintir, hal ini adalah sesuatu yang wajar, anda tidak perlu membongkar jahitannya kembali, karena akan sia-sia saja sebab jika di jahit kembali pun masih tetap akan terlihat melintir, untuk  menghilangkan bentuk melintirnya tinggal kita menggosoknya menggunakan seterika.

demikianlah tips untuk memotong sebuah baju gamis, cara ini bisa di aplikasikan ke semua gamis walaupun berbeda dari model dan juga kainnya. semoga bisa memberikan gambaran bagi anda yang saat ini mempunyai baju gamis yang kepanjangan tetapi masih bingung bagaimana cara untuk memendekan nya. terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Comments

  1. Nerima jahitan tdk? Celana pjg pria dewasa berpluit 2.

    ReplyDelete
  2. Hai sis, thanks for sharing. Jika tertarik untuk membuat pola baju cara menjahitnya juga ada ya. Silahkan bisa mengunjungi situs fitinline

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog