gambar pola rompi berikut keterangan cara menjahitnya


selamat berjumpa kembali untuk anda pengunjung setia blog ini, dan selamat datang buat yang baru nyasar ke sini lewat mesin pencari semoga bisa menjadi pengunjung tetap, baju rompi merupakan pakaian yang di gunakan setelah menggunakan pakaian lainnya, biasanya kemeja. Menjahit rompi sangatlah mudah, karena kita tinggal melapis bagian pinggir dari kerung lengan dan kerung leher, juga bagian depannya. Saat dulu saya kursus menjahit, praktek menjahit baju yang pertama saya dapat adalah menjahit rompi.

fungsi rompi selain menunjang penampilan bisa juga sebagai penahan rasa dingin, tergantung dari jenis bahan yang di gunakan untuk membuatnya, pada rompi setelan jas resmi di buat dengan menggunakan pelapis lining di bagaian dalamnya menggunakan kain satin sehingga tampak elegan, sementara untuk pekerja lapangan seperti di pertambangan atau bangunan proyek di buat dari bahan khusus yang tebal dengan banyak saku, di karenakan banyak juga jenis pekerjaan yang orang-orangnya harus menggunakan baju rompi maka pada postingan kali ini saya akan memberikan gambar pola rompi dengan model sederhana.

untuk anda yang ingin belajar membuat pola rompi dengan cara menonton langsung silahkan melihat video di bawah ini.



 dan sekarang bagi anda yang kebetulan ingin membuatnya namun belum tahu pola nya. dan untuk pola depan rompi sederhana dan tidak banyak menggunakan variasi tersebut adalah sebagai berikut

gambar pola depan rompi


Sedangkan untuk pola belakang dari rompi ini adalah seperti ini

gambar pola belakang rompi


Cara membuat pola nya  sendiri adalah pertama kita buat dahulu pola dasar badan, baik itu pola dasar badan pria maupun wanita yang sudah di tambahi untuk kelonggaran, lalu dari pola dasar itu silahkan di rubah garisnya sesuai dengan gambar di atas.


Untuk bagian belakang biasanya terdapat belahan, dan batas belahan ini tingginya sampai bagian pinggang.

Bagian depan dari rompi ini menggunakan kancing, untuk rompi seragam sekolah dasar, yang bagus menggunakan kancing bungkus, namun terkadang kancing bungkus ini suka terkelupas kain nya, maka boleh di ganti menggunakan kancing celana, jangan menggunakan kancing jas karena terlalu besar.

Untuk rompi yang menggunakan resleting adalah rompi untuk pekerja lapangan seperti wartawan, juru parkir, loper Koran, pekerja proyek, pertambangan dan lain sebagainya, Jika ingin menggunakan resleting, maka pola bagian depan tidak perlu di tambahi 2 cm, karena penambahan 2 cm ini khusus untuk yang menggunakan kancing dengan model di tumpuk.

Cara menjahit rompi adalah sebagai berikut:


  • Siapkan bahan untuk rompi dengan panjang 1 meter, lipat 2 lalu buat pola kemudian gunting.
  • Buat kain untuk pelapis dari sisa kain guntingan kemudian tempel kain pislin di bagian tersebut
  • Jahit kain lapisan ke setiap bagian dari pola rompi, seperti kerung leher, kerung ketiak dan bagian depan
  • Jahit sambung bagian tengah belakang sampai batas belahan, jadikan belahan rompi hingga selesai.
  • Jahit sambung bagian bahu, lalu bagian pinggir dari pola depan dan belakang
  • Buat lubang kancing dan pasang kancingnya
  • Setrika hingga licin dan proses pengerjaan pun selesai


Untuk cara menjahit lapisan ini sudah banyak saya buat artikelnya, silahkan di baca-baca jika belum tahu caranya, ada di daftar isi blog ini.

saya sendiri banyak mendapat jahitan rompi ini ketika masuk tahun ajaran baru, yaitu dari para orang tua yang meminta agar di buatkan seragam untuk anak-anaknya yang bersekolah dasar, biasanya satu paket dengan celana atau rok dan juga dasi nya.
nantinya dari pola di atas bisa anda kembangkan sendiri pola nya sesuai dengan model dan kebutuhan, untuk bagian leher depan tidak mutlak harus seperti itu, namun memang standar dari bentuk rompi yang di gunakan untuk setelan jas adalah seperti itu, karena di buat agar dasi yang di gunakan dan juga kemeja bisa terlihat.

Dan kiranya cukup sampai disini yang bisa saya sampaikan untuk postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat kurang lebihnya saya mohon ma'af dan sampai jumpa pada artikel yang berikutnya.


Comments

  1. Thanks for sharing. Tertarik untuk mempelajari bagaimana cara membuat baju anak tanpa perlu mengukur dan membuat polanya? Sahabat Fitinline bisa memanfaatkan contoh pola baju siap pakai. Regards : Fitinline.

    ReplyDelete
  2. Ada gak kak yang tutorialnya rompi tanpa menggunakan lapisan dalam

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sudah memberikan pedoman yang baik mengenai cara membuat pola rompi. Buat teman teman yang bingung nyari tempat bikin rompi murah monggo bisa ke Ozza Konveksi

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog