gambar pola kemeja wanita berikut keterangannya


Melanjutkan postingan saya sebelumnya yaitu tentang pembuatan pola kemeja pria, maka tidak lengkap rasanya jika tidak membuat postingan tentang gambar pola kemeja wanita, maka untuk postingan kali ini saya akan memberikan gambar pola kemeja wanita tersebut.


Kemeja wanita biasa di gunakan oleh para wanita yang bekerja kantoran, seperti di perusahaan, bank dan instansi pemerintahan, umumnya jika untuk bekerja maka kemeja yang di gunakan berwarna putih, namun bisa juga warna lainnya tergantung kebijakan dari perusahaan tempat dia bekerja.

Untuk kemeja seragam wanita di pabrik semisal pabrik garment atau lainnya, biasanya pola kemeja yang di gunakan adalah pola untuk badan pria, hal ini karena kemeja yang di buat berjumlah banyak bisa mencapai ribuan, jadi bisa di gunakan oleh pria maupun wanita, hal ini tentu saja saat kemeja tersebut di gunakan oleh wanita, jatuhnya pada badan menjadi kurang bagus, terutama di bagian pundak, karena pola badan pria yang berbeda dengan badan wanita.

Pada gambar pola kemeja wanita yang akan saya berikan di postingan ini, ialah pola kemeja yang di bagian pinggir bawahnya melengkung dan juga menggunakan kupnat pada bagian pinggang sehingga membentuk lekuk tubuh dari wanita yang menggunakannya, untuk ilustrasi hasil setelah kemeja itu jadi di jahit, kira-kira seperti gambar berikut ini.



Dan untuk pola depannya sendiri adalah seperti gambar di bawah ini.


Pertama kita buat dahulu pola dasar badan wanita yang menggunakan kupnat, silahkan membaca artikel saya yang lalu jika belum bisa membuatnya, setelah pola dasar badan wanita di buat, selanjutnya tinggal kita tambahi 2 cm di bagian depan untuk tempat kancing dan lubang kancing.
Untuk pola belakang nya adalah seperti ini


Nantinya pinggir pola di tempatkan pada lipatan kain dan di gunting sesuai dengan pola tersebut dengan di berikan lebihan sebesar 1,5 cm di setiap pinggirannya, termasuk pinggir bagian bawah.

Selanjutnya untuk pola lengan dari kemeja tersebut adalah sebagai berikut


Panjang lengan keseluruhan kita kurangi 4 cm, nantinya yang 4 cm akan di ganti dengan manset lengan, namun jika tidak mau menggunakan manset maka panjang lengan tidak perlu di kurangi, pada bagian tengah lengan kita kurangi 1,5 cm di masing-masing pinggirannya, hal ini di maksudkan agar lengan tidak menggembung setelah jadi, karena umumnya wanita tidak menyukai bentuk lengan baju yang besar dan menginginkan ukuran yang pas, jika ingin lebih pas lagi maka bisa dengan mengukur langsung bagian lengan pelanggan jahit kita.

Untuk bentuk mansetnya adalah sebagai berikut


Panjang manset sesuai dengan ukuran dari pergelangan lengan pelanggan dengan di tambahi 2 cm untuk kelonggaran, silahkan di ukur pergelangan lengan nya lalu di tambahi 2 cm, namun jika tidak mau ribet, maka buat saja panjang manset nya 22 cm untuk wanita gemuk bisa di buat 23 cm.

Selanjutnya adalah bagian kerah, untuk kerah kemeja nya sendiri tidak terlalu berbeda dengan kerah kemeja laki-laki, yaitu bentuk nya seperti berikut ini



Untuk membuat kerah kemeja ini pertama kita ukur dahulu panjang lingkar kerung leher, selanjutnya tinggal kita buat kerah tersebut sesuai dengan ukuran yang di dapat. Jika tidak ingin repot membuat pola berulang kali, maka kita bisa membuat cetakan pola tersebut di kertas karton tebal agar bisa di gunakan berulang kali.

Pola kemeja wanita ini bisa di buat langsung pada kain, namun jika belum bisa maka silahkan membuatnya di kertas Koran terlebih dahulu untuk menghindari kesalahan, dan untuk tekhnik menjahit masing-masing bagian dari kemeja wanita ini seperti memasang lengan atau membuat belahan manset, sudah saya posting di artikel saya yang terdahulu, silahkan di lihat di daftar isi dari blog ini yang terdapat di bagian paling bawah dari blog ini.

Kemeja wanita bisa kita kreasikan bentuk nya, jadi tidak perlu berbentuk monoton seperti kemeja laki-laki, kita bisa menambahkan opnaisel di bagian depan, kerut-kerut atau rempelan, maupun di tempeli renda dan juga pita agar bentuknya terlihat lebih bagus, apalagi jika untuk kemeja anak perempuan, nantinya dari pola dasar kemeja wanita di atas bisa Anda kembangkan sendiri.

Dan kira nya cukup sekian artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan yang berikutnya

Comments

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog