cara membuat dasi SD dalam beberapa langkah mudah



Selamat berjumpa kembali, pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat dasi SD, biasanya dasi ini di pakai pada saat tertentu saja seperti saat mengikuti upacara bendera. dasi  ini menggunakan karet di bagian atas nya untuk di masukan ke lipatan kerah pada leher baju.

Biasanya pembuatan dasi ini satu paket dengan seragam nya seperti celana atau rok dan rompi nya. Untuk dasi pria biasanya berbentuk lancip bawahnya sedangkan untuk dasi wanita berbentuk datar, untuk membuat dasi ini cukup mudah untuk di lakukan karena modelnya yang sederhana dan tidak rumit dalam pengerjaannya.

Mengenai ukuran panjangnya sendiri standar nya adalah 23 cm, tapi tergantung dari besar dari anak nya juga, jadi ukuran dasi tersebut bisa di besarkan atau di kecilkan sesuai dengan kepantasan si pemakai nya nanti.

untuk cara  memasang atau memakai dasi ini pasti sudah banyak tutorial nya di blog lain, tapi untuk cara pembuatannya sendiri saya lihat belum ada atau banyak yang membahasnya, tidak perlu berpanjang lebar lagi silahkan Anda simak langkah-langkah pengerjaannya sebagai berikut:


  • Pertama potong bahan dengan panjang dan lebar seperti pada gambar di bawah ini




  • siapkan juga karet elastik dengan lebar 1 cm dan panjang 30 cm



  • lipat dan Jahit bahan yang paling kecil kemudian balik sehingga hasilnya menjadi seperti ini




  • Untuk bahan yang besar jahit kelim bagian ujung yang paling kecil





  • Lipat dua bahan yang kecil kemudian tempel ke ujung kain yang besar yang sudah kita kelim, kemudian lipat kain yang besar sehingga menutupi kain yang kecil tadi lalu jahit sampai bawah.





  • Untuk dasi pria jahit seperti ini, yaitu disisakan sekitar 4 cm tidak dijahit semua, karena setelah di balik nanti nya dasi untuk pria berbentuk segitiga.





  • Untuk dasi wanita jahit seperti ini, karena dasi wanita bentuk bagian bawahnya rata





  • Balik keluar dengan cara di tusuk dengan obeng, gunting atau benda lain.





  • Selipkan karet dengan lebar 1 cm di ujung nya kemudian jahit 





  • Hasil akhir antara dasi pria dan wanita akan tampak seperti pada gambar 



cara membuat dasi ini juga bisa untuk pembuatan dasi segitiga orang dewasa, tinggal kita tambahi saja panjangnya sesuai dengan panjang standar dasi pria yaitu 150 cm.

Agar lebih jelas lagi bagaimana proses pengerjaannya silahkan menonton video berikut ini


jika saya sendiri banyak menerima pesanan pembuatan dasi seperti ini menjelang tahun ajaran baru dari pelanggan menjahit saya sebagai pelengkap baju seragam anaknya yang masih bersekolah dasar. walaupun tidak terlalu sering menerima order pembuatannya, namun alangkah baiknya jika anda mengetahui tekhnik pembuatannya, atau mungkin juga ingin membuatnya secara skala besar (konveksi) untuk di jual di pasar.

Demikian tutorial cara membuat dasi SD yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat dan silahkan di praktekan, terima kasih atas kunjungan Anda, sampai jumpa pada artikelyang selanjutnya.

Comments

  1. Makasih ilmu pembuatan dasi sekolah nya. Membantu sekali untuk penjahit dan pebisnis

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog