pola rok lipit hadap dan keterangan cara menjahitnya



Selamat berjumpa kembali, pada postingan kali ini saya ingin memberikan pola rok lipit hadap. Rok jenis ini biasa di gunakan untuk seragam anak sekolah tingkat pertama (SMP) dan sekolah menengah atas ( SMU), kenapa di sebut dengan lipit hadap? Ini di karenakan di bagian rok tersebut ada lipitan yang saling berhadapan, kalau dalam istilah penjahit nama nya adu manis.


Rok lipit akan  terlihat seperti rok span, saat penggunanya diam, namun saat berjalan rok tersebut akan lebih lebar di karenakan adanya lipitan sebesar 20 cm, dan ini tentu saja akan memberikan keleluasaan bagi penggunanya, namun yang saya heran, banyak juga anak sekolah  yang meminta agar bagian bawah rok tersebut di kecilkan agar sama dengan bagian atasnya. Padahal ini bisa menyulitkan saat melangkah, atau saat naik motor, karena bagian bawahnya yang tidak lebar lagi.

Untuk pola rok lipit hadap sendiri sebenarnya hanyalah pengembangan dari pola dasar rok, yang di berikan kelebihan sekitar 10 cm untuk jahitan lipit nya, untuk lebih jelas bagaimana pola rok lipit hadap tersebut, coba Anda perhatikan gambar nya di bawah ini

pola rok lipit hadap


Untuk keterangan gambarnya adalah sebagai berikut:

A-B         : panjang rok
A-C         : tinggi pinggul, jika bingung, maka tinggi pinggul ini sekitar 18 cm sampai 20 cm
A-D        : ¼ lingkar pinggang +3 cm ( tambahan 3 cm untuk kupnat)
C-E         : ¼ lingkar pinggul
A-F         : panjang kupnat ( panjangnya antara 10 cm sampai 12 cm)
D-H        : 1 cm
B-I          : C-E

Pola rok di atas merupakan pola dasar rok, selanjutnya pola rok tersebut pada bagian depannya di tambahi 10 cm untuk di buat lipitan, jika Anda masih pemula maka buat lah pola rok tersebut di kertas Koran atau kertas khusus pola yang berwarna coklat, untuk tambahan yang 10 cm bisa di buat langsung di pola, atau bisa juga kita hanya membuat pola dasar rok, selanjutnya  tambahan 10 cm ini di berikan saat pola rok tersebut di tempelkan di kain, sebagai ilustrasi nya kira-kira seperti berikut.


selanjutnya tinggal anda gunting kain rok mengikuti pola rok tersebut, pada bagian yang akan di lipit berikan lebihan seperti gambar di bawah ini

 

Saat kursus menjahit dahulu, praktek menjahit rok lipit hadap ini merupakan pelajaran menjahit tingkat terampil, Sedangkan untuk cara menjahitnya adalah sebagai berikut:


  • Pertama kita jahit pola rok depan, di mulai dengan menjahit kupnat, lalu jahit lipitan depan ,untuk jahitan lipitan sendiri sekitar 25 cm dari atas, sedangkan bagian bawahnya di biarkan terbuka, jadi lipitan ini tidak di jahit sampai bawah.





  • untuk bagian yang di jahit, berikan jahitan tindas di bagian atasnya agar lebih kuat saat di gunakan, biasanya bagian ujung jahitan akan terlepas jika jahitan kurang kuat, maka jahitlah beberapa kali.





  • Jika menggunakan saku, maka buatlah saku rok tersebut sampai jadi,Setelah bagian depan jadi, maka selanjutnya jahit sambung bagian belakang pola rok, pasang resleting, dan jahit kupnat nya.




  • Sambung bagian pinggir kiri dan kanan pola rok bagian depan dan belakang.

  • Buat tali ban lalu pasang lah pada tiap bagian kupnat, jadi   jumlah dari tali ban rok adalah 4 buah, namun jika pinggang pengguna nya sangat besar, di atas 90 cm maka boleh ditambahi menjadi 5 buah

  • Buat ban pinggang rok, lalu pasang pada lingkar pinggang, namun ukurlah terlebih dahulu lingkar pinggang rok, apakah sudah sesuai dengan ukuran pinggang pengguna nya nanti, jik belum maka perbaikilah dahulu, berdasarkan pengalaman, tambahilah sekitar ½ cm dari ukuran lingkar pinggang asli, entah mengapa jika di buat pas, pada saat ban pinggang selesai di pasang,  suka agak kurang dari yang seharusnya.

  • Untuk keliman bagian bawah, jika ingin rapih maka jahitlah menggunakan tusuk soom tangan, namun jika ingin praktis bisa langsung di jahit, dan biasa nya seragam sekolah tidak perlu jahitan yang halus.




  • Setrika sampai licin, dan rok pun siap di gunakan


Kira nya cukup sampai di sini artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang mencari gambar pola rok lipit hadap, untuk membuat seragam sekolah atau seragam kerja. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa pada artikel saya yang lainnya.

Comments

  1. Terima kasih sharing ilmunya. Kl roknya kekecilan sktr 8cm di bagian pinggul (rit tidak bs ditarik naik), kira2 yg diubah bagian mana ya? Dari rok dg lipit hadap sprt ini, apk bs diubah jadi model a line? Trm kasih sebelumnya

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog