Gambar pola kimono dan keterangan cara menjahitnya




Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara membuat pola baju kimono, yaitu pakaian khas dari Negara jepang, kimono sendiri menurut arti harfiah dari bahasa jepangnya adalah baju atau sesuatu yang di kenakan

Bentuk dari  baju kimono sendiri seperti huruf T jika kita merenggangkan tangan saat menggunakannya, cara membuat kimono sendiri tergolong cukup mudah, karena kita hanya perlu menyambung beberapa bagian saja maka baju ini pun selesai. hal ini di karenakan bentuk pola nya yang cuma di gunting lurus.

Pada jaman dahulu kimono merupakan pakaian sehari-hari, namun sekarang baju ini hanya di gunakan pada acara-acara tertentu saja seperti acara pernikahan, upacara minum teh dan acara formal lainnya. Karena jika di gunakan untuk sehari-hari akan terlihat agak aneh karena perkembangan jaman, untuk panjang dari kimono adalah sampai pergelangan kaki, dan biasanya di gunakan oleh wanita, sementara untuk pria panjang kimono ini bisa lebih pendek karena kimono nya berbentuk setelan, untuk standar memakainya sendiri adalah bagian depan yang kiri harus berada di atas yang kanan, jika di lihat oleh orang lain.

Kimono sendiri jika di indonesia biasanya di gunakan oleh mahasiswa bahasa jepang pada hari-hari tertentu, atau oleh para cosplayer jejepangan leher item pada event-event  tertentu seperti peluncuran komik, film  animasi jepang dan lain-lain, atau bisa juga di gunakan sehari-hari karena memang menyukai baju tersebut.
Karena suatu saat pasti akan ada juga pelanggan menjahit yang ingin di buatkan baju kimono ini, maka tidak ada salahnya jika kita mengetahui pola kimono tersebut.

Dan untuk pola depan dari kimono sendiri adalah sebagai berikut



Sementara untuk pola kimono bagian belakangnya adalah seperti ini, pola belakang kita kembangkan sesuai dengan ukuran yang tertera pada gambar



Untuk keterangan membuatnya yaitu pertama kita buat dahulu pola dasar, seperti yang di perlihatkan pada gambar di atas,yang berbentuk titik-titik, setelah itu barulah kita buat garis dengan patokan seperti yang di perlihatkan pada gambar.


Untuk bagian lengannya bisa di pisah, atau bisa juga langsung di buat sesuai pola pada satu lembar bahan, namun jika langsung di buat satu pola utuh maka di butuhkan lembaran kain yang sangat lebar, oleh karena itu bisa kita akali dengan memotong pola lengan kimono ini, untuk selanjutnya nanti di jahit sambung. Untuk ukuran lebar dari baju kimono adalah sampai bagian pinggang, tapi bisa juga lebih panjang lagi, sementara untuk panjangnya adalah 40 cm dari bagian bahu, untuk orang dewasa, dan lebih pendek untuk anak-anak

Untuk lebar kerah kimono atau yang biasa di sebut dengan Bilai adalah 8 cm  namun bisa Anda sesuaikan sendiri lebarnya jadi bisa kurang atau lebih dari ukuran tersebut. Sementara panjang untuk tali kimono yang biasa di sebut Obi yang di lilitkan pada pinggang adalah 150 cm, untuk lebarnya sekitar 20 cm sampai 30 cm dan ini pun bisa kurang atau lebih, tergantung besar atau kecilnya orang yang menggunakan kimono tersebut.

Cara menjahit bilai ini sangat mudah kita tinggal menjadikannya terlebih dahulu kemudian langsung menjahit sambung dengan pola bagian depan lalu di obras dan di jahit stik, kurang lebih seperti menjahit kerah baju karate. untuk memasang lengan kimono ini sama seperti memasang lengan kampak, jika anda belum mengetahui cara pemasangannya silahkan menonton video berikut ini



Untuk pola baju yukata maka pola nya sama dengan pola baju kimono yang sudah saya berikan di atas, hanya saja panjang baju yukata lebih pendek, dari kimono. Baju yukata ini bisa di gunakan untuk sehari-hari yang tidak bersifat formal.
Jika  Anda merasa bingung bagaimana cara menjahitnya, maka cara mudahnya yaitu kita beli saja baju kimono ini yang banyak tersedia di toko off line maupun online, setelah itu tinggal contoh bagaimana cara menjahitnya.

Demikian lah artikel yang bisa saya sajikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang membutuhkan dan mencari gambar pola kimono, terima kasih atas kunjungannya dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya. Sampai jumpa pada tutorial menjahit berikutnya.

Comments

  1. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat sekali.
    Jangan lupa kunjungi kami di
    jual baju drumband Mojokerto


    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas informasinya. ditunggu kunjungan baliknya di www.desydrumband.com

    ReplyDelete
  3. Kain yang dibutuhkan berapa meter kira kira?

    ReplyDelete
  4. Maaf,
    Saya ingin mengusulkan;
    Barangkali bisa dijabarkan di materi blog berikutnya tentang pola jahit atau sewing pattern HAKAMA dan HAORI (tentunya haori model orisinil/versi tradisionalnya). Tentunya pula, penjabaran juga dilengkapi dengan jenis dan ukuran kain, dan lain sebagainya yang mana perlu diperhatikan ketika menjahit. Dengan adanya penjabaran tersebut di blog ini, mungkin akan banyak yang terbantu. Karena agak sulit menemukan artikel tentang jahit-menjahit; khususnya tema tersebut. Terima kasih dan maaf.......

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog