gambar pola celana 1/2 lingkaran berikut keterangan cara membuatnya


Saat sedang mengerjakan jahitan permak jaket kulit yang di kecilkan, datang pelanggan menjahit saya, seorang ibu muda bersama suami nya, dia membawa sebuah celana ¼ lingkaran berwarna coklat muda yang ingin di permak, yaitu bagian bawahnya di potong sekitar 2 jari, sementara lebar bagian bawahnya ingin agar di buang sebanyak 1 jengkal karena terlalu lebar.


Setelah saya perhatikan dari modelnya celana ini sangat sederhana, tidak ada saku di bagian pinggirannya, Yang menjadi menarik mungkin karena bagian bawahnya yang lebar tersebut, sehingga menjadikannya seperti rok, sekilas mirip rok celana (kulot) namun lebih lebar, celana jenis ini cocok bila di gunakan untuk busana santai, namun tidak salah juga jika di gunakan untuk acara resmi, yang harus di perhatikan mungkin pada bahan yang di gunakan untuk membuat celana tersebut. Pada bagian depan tidak di pasangi resleting sebagai gantinya lingkar pinggang di buat lebih lebar, dan supaya pas saat di gunakan setengah ban pinggangnya di pasang karet elastik. Setelah saya perhatikan ternyata cukup banyak juga model celana yang menggunakan jahitan seperti ini, mungkin karena simple dan banyak peminatnya.

Karena melihat model celana ini, saya akhirnya membuat postingan ini, siapa tahu anda pun berniat membuat model celana melebar  tersebut, namun belum tahu pola nya seperti bagaimana, sebenarnya pola nya sama seperti pola rok ¼ lingkaran, hanya di tambah sedikit, untuk bagian jahitan belahan celana.

Untuk pola nya sendiri adalah seperti gambar di bawah ini, silahkan di perhatikan



Karena sangat sederhana, sepertinya saya tidak perlu menerangkan  pola tersebut, karena keterangannya sudah ada pada gambar, untuk kain panjang kain yang di butuhkan adalah 2,5 meter dengan ukuran lebar 1,5 meter, cara membuat pola nya adalah pertama kita lipat dua panjang kain yang 2.5 meter tersebut sehingga menjadi 1.25 meter, lalu tempatkan di meja atau lantai yang bersih, kemudian buat pola seperti pada gambar di atas, lalu gunting dan jahit.

Untuk lebar ban celana kita buat selebar 5 cm, namun Anda bisa membuatnya lebih besar atau lebih kecil dari itu, jika Anda ingin menggunakan karet elastik, sama modelnya seperti model celana pelanggan menjahit saya, maka buatlah lingkar pinggang pada pola lebih besar dari lingkar pinggul orang yang akan menggunakannya. Besar nya sekitar 10 cm sampai 20 cm, atau bisa juga di sesuaikan dengan kebutuhan. Mengapa harus lebih besar dari lingkar pinngul? Hal ini di karenakan celana tersebut tidak menggunakan resleting sebagai bukaannya, jadi nya agar memudahkan saat di gunakan nantinya. Dan berikut ini bentuk ban pinggang dari celana pelanggan jahit saya pada bagian depannya. 


Sementara pada bagian belakang nya menggunakan karet elastik sehingga menjadi berkerut dan lebar lingkar pinggangnya menjadi kecil karena tertarik oleh karet.


Untuk bentuk setelah jadinya kira-kira seperti ini, yaitu terlihat seperti rok lingkar, atau celana kulot. Dan akan terasa longgar dan nyaman saat di gunakan, apalagi jika celana tersebut terbuat dari bahan katun.


Demikian postingan saya untuk kali ini, semoga bisa menjadi inspirasi  bagi Anda, terima kasih atas kunjungannya, dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya.

Comments

  1. Makasih mba.. Blognya bermanfaat, ibu saya lagi pengen kulon lebar gini 😁😁😁😊

    ReplyDelete
  2. Mf mba ukuran itu ap bs d pake klu org e besar ,biasa pake ukuran baju xxl....makasih

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog