cara memendekan baju dan celana koko yang kepanjangan tanpa di potong



Biasanya pakaian yang ingin di pendekan namun tidak mau di potong adalah pakaian anak-anak, dengan alasan agar bisa di buka dan di panjangkan lagi jika anak yang memakai nya sudah tumbuh lebih tinggi. Dan biasanya pertumbuhan anak-anak itu cepat, dalam waktu sekitar 6 bulanan saja anak tersebut akan bertambah tingginya, dan ini juga yang harus kita perhatikan jika menjahit pakaian anak-anak, ukurlah kembali anak tersebut jika sudah lebih dari enam bulan sejak dia menjahit pakaian yang pertama. Maksudnya adalah jangan menggunakan ukuran yang sama, untuk menghindari kesalahan dalam hal ukuran.


Di sini saya mendapat satu stel baju berikut celana muslim milik seorang anak yang orang tuanya meminta agar di pendekan karena kepanjangan namun jangan di potong agar bisa di panjangkan kembali. Untuk baju koko nya berwarna putih dengan bordiran di  bagian atas dan bukaan kancing hilang.



Sementara di bagian pinggirnya menggunakan saku yang di bobok sehingga tidak terlihat ada sakunya, tekhnik menjahit saku seperti ini sudah pernah saya berikan tutorialnya beberapa waktu lalu, silahkan melihat daftar isi blog ini jika berminat mempelajarinya.



Selain menggunakan saku, baju tersebut juga di belah di pinggirnya, panjang belahannya sekitar 8 cm



Untuk celananya sama warna dan bahannya yaitu berwarna putih dan di buat tanpa saku



Untuk ban pinggangnya adalah full menggunakan karet elastik 3 cm sehingga praktis di gunakan dan tidak ribet membuka resletingnya



Untuk bagian tangan yang ingin di pendekan sekitar 10 cm, dan yang menjadi masalah adalah di bagian ujungnya ukuran tidak sama dengan bagian tengahnya yaitu lebih kecil sekitar 1 cm, jika pada ujungnya  ketika saya ukur adalah 24 cm dan di bagian yang hendak menjadi ukuran baru adalah 26 cm.





nah dibagian ujung lingkarannya adalah 24 cm




sementara di posisi yang akan di pendekan adalah 26 cm

 

Karenanya kita harus menyamakan ukurannya terlebih dahulu, karena jika tidak di lakukan dan langsung di lipat maka akan berkerut, Karena beda dalam ukurannya. Caranya adalah kita buat garis sesuai  dengan ukuran ujung tangan tersebut yaitu di 24 cm.



Setelah itu tinggal kita jahit mengikuti tanda garis ukuran yang telah kita buat barusan



hasil setelah di jahit akan tampak seperti berikut



Kemudian tinggal kita balik, dan akan terlihat bahwa bagian ujung hingga bagian yang akan di lipat ukurannya sama.



 kemudian lipat-lipat sampai tanda yang di kehendaki lalu jahit kelim sekeliling.




berikut adalah hasil setelah di jahit kelim, karena sudah di samakan ukurannya maka tidak ada bagian yang berkerut


 

Lakukan cara yang sama untuk tangan yang satunya kemudian samakan tangan kiri dengan kanan apakah sudah pas ukurannya, jika sudah maka selanjutnya tinggal kita lipat

Untuk celananya juga kepanjangan dan pemiliknya minta agar di pendekan namun tidak di potong juga, maka saya menggunakan cara yang sama seperti yang sudah di uraikan di atas.

Dan itulah sedikit tekhnik untuk memendekan pakaian baik baju maupun celana yang kepanjangan namun tidak di potong, semoga bisa menambah-nambah wawasan Anda, terima kasih atas kunjungannya dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya

Comments

  1. Alhamdulillah saya jadi tahu sekarang.
    Jazakumulloh khoiron

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah bermanfaat. Biasanya sy lanhsung jahit hhii

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog