cara menjahit variasi manset belah pada ujung tangan baju



Untuk postingan saya kali ini saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara menjahit manset belah pada ujung tangan baju, belahan dari manset ini bisa di bagian atas lengan, bisa juga di bagian bawah, tergantung model dari bajunya. Sebetulnya saya agak kesulitan untuk mendokumentasikan proses pengerjaannya, karena kamera digital bekas yang saya beli minggu lalu di OLX  lewat C.O.D seharga Rp. 150 ribu mendadak rusak di bagian lensa nya sehingga tidak mau terbuka, namun saya coba-coba paksakan dan bisa juga walau kadang mati lagi,  hehehe.


Kembali ke tutorial, jadi intinya adalah Jenis variasi jahitan manset di belah pada ujung tangan ini cukup banyak di gunakan  pada berbagai model jahitan baju wanita, seperti dress blouse dan gamis, cara pembuatannya pun cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama, dan pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara pembuatannya.

Untuk panjang dari manset belah ini ialah 4 cm, namun Anda bisa saja membuat yang lebih besar atau kecil dari itu sesuai selera, untuk membuatnya terlebih dahulu kita ukur panjang tangan baju nya, setelah itu kita potong pola tangannya sesuai dengan ukuran tersebut dengan di kurangi 4 cm jadi misalnya panjang tangan keseluruhan adalah 52 cm maka pola tangan yang di gunting adalah 48 cm karena nanti akan sisanya akan di pasangi manset sepanjang 4 cm.

untuk objek tutorial kali ini saya menggunakan bahan kain batik berwarna hijau tosca sisa jahitan pelanggan terdahulu, kira-kira seperti inilah penampakannya.



Setelah pola tangan di gunting maka obraslah pinggiran bagian sisinya, untuk cara cepat bisa saja mengobrasnya dengan di satukan setelah di jahit terlebih dahulu, namun untuk jahitan halus maka kampuhnya haruslah di belah jadi bagian pinggir dari tangan tersebut harus di obras satu persatu.



setelah di obras selanjutnya pinggirannya di satukan dan kemudian di jahit




Lalu kita ukur berapa lebar ujung tangannya, pada contoh ini lebar lingkaran ujung tangan adalah 26 cm




Setelah itu kita siapkan kain untuk di buat manset dengan panjang dan lebar 11 cm x 28 cm, pada contoh disini saya menggunakan kain yang berbeda dari kain tangannya agar terlihat bedanya, untuk standarnya gunakanlah kain yang sama dengan kain pola tangan, kecuali jika ada permintaan lain dari pelanggan jahit kita.



Lalu gunting kain pislin dengan panjang dan lebar sekitar 6 cm x 28 cm tempelkan kain pislin tersebut dengan cara di gosok dengan serika panas, Anda bisa juga mengganti kain pislin menggunakan kain gula agar lebih kaku lagi, namun hindari melapis seluruh bagian kain tersebut dengan pislin atau kain gula karena hasilnya akan terlalu kaku.



Kemudian lipat  dan jahitlah di ujung-ujungnya lalu di balik keluar



dan seperti inilah hasilnya setelah di balik dan di jahit bagian bawahnya


dan pastikan ukuran panjangnya adalah sama dengan ukuran panjang lingkaran pola tangan yaitu 26 cm.



Lalu pertemukan kedua sisi nya dan jahitlah di bagian bawahnya



Sehingga hasil akhirnya akan tampak belah seperti ini



Pada ujung kain tangan berikan tanda pada tengahnya dengan cara di gunting sedikit



Tempelkan ujung sisi dari belahan manset dan atur posisinya agar sama tepat menempel di tengah ujung tangan, jika sulit sebelum di jahit berikan jarum pentul di situ agar posisi nya tidak bergeser kembali



Lalu jahit sekelilingnya sampai selesai



Selanjutnya kita obras bagian ujungnya agar tidak terurai dan terlihat lebih rapi



Setelah di obras selanjutnya kita jahit stik di bagian pinggir persambungan kain tangan dengan manset tersebut, namun ini opsional, anda bisa saja tidak menjahitnya, disini saya memilih untuk menjahitnya agar lebih kuat.



Dan kira-kira seperti inilah hasilnya setelah di pakai, bagaimana cukup mudah bukan? Selamat mencoba.




agar lebih bagus lagi, anda bisa menambahkan jahitan benang timbul pada manset tersebut, cara menjahit benang timbul atau benang stik telah saya berikan tutorialnya beberapa waktu yang lalu, silahkan melihat daftar isi blog ini jika ingin mempelajarinya.

Demikian tutorial yang bisa saya berikan untuk kali ini, semoga bisa menambah wawasan Anda dalam hal tekhnik menjahit, sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog