Cara membuat cardigan dari sebuah baju kaos tangan panjang



Pada hari sabtu kemarin sekitar pukul 9.30 wib saya mendapatkan jahitan permak dari pelanggan menjahit lama saya, dia mempunyai sebuah baju kaos tangan panjang yang ingin di rubah menjadi cardigan dengan bukaan depan dan 2 buah kancing, dengan alasan baju tersebut tidak pernah di pakai. Dia meminta agar jahitan tersebut buru-buru di selesaikan dan akan di ambil sekitar jam 12.00 wib.


Karena  ini termasuk merubah model pakaian maka saya akan men share cara saya merubah baju kaos ini menjadi cardigan hanya dalam beberapa puluh menit saja, siapa tahu bermanfaat bagi Anda jika suatu ketika mendapat jahitan permak dengan kasus yang sama seperti ini.

Oh iya buat yang belum tahu, cardigan adalah pakaian semacam rompi tangan panjang dengan bukaan depan yang tidak menggunakan  kancing, atau menggunakan kancing namun hanya sekitar 1 atau 2 buah saja.

Setelah anda mengetahui apa itu cardigan maka sekarang saat nya kita melangkah ke bagaimana proses merubah baju kaos tersebut. Yang pertama kali saya lakukan tadi adalah mengukur pelanggan saya yang saat itu menggunakan cardigan lain, dia ingin agar ukuran baju cardigan rubahannya sama persis dengan yang di gunakannya, jika Anda belum mengetahui cara mendapatkan ukuran dari baju contoh, silahkan membaca artikel saya yang lalu.


Setelah ukuran di dapat, selanjutnya saya menggunting dahulu bagian bawah baju kaos tersebut sesuai ukuran panjang baju contoh.



Kemudian menggunting bagian tengah baju sampai terpisah, karena akan di buat bukaan depan dengan menggunakan kancing dan rumah kancing nantinya.



Kemudian saya menggunting agak serong dengan jarak 12 cm dari kerung leher, nantinya saya ingin agar posisi kancing berada 12 cm di bawah  kerung leher.




Setelah itu saya lanjutkan dengan menggunting tangan sesuai ukurannya.



Karena ukuran lebarnya juga akan di rubah maka saya memberikan tanda dengan kapur sesuai  lebar ukuran dari baju contoh.



Kemudian bagian bahu saya gunting sesuai dengan ukuran contoh juga



Dilanjutkan dengan bagian sisi baju



Proses mempola ulang baju tersebut selesai, selanjutnya tinggal menjahit nya kembali, saya mulai dengan menjahit bagian tangan kemudian mengobrasnya



Setelah itu menjahit bagian pinggir sisi baju dan mengobrasnya juga




Lalu menyatukan lengan dengan kerung tangan dan mengobrasnya




Untuk bagian depan bukaan baju kita harus melapisnya dengan menggunakan kain, saya menggunakan kain bekas potongan bagian bawah sebagai lapisan



Kain lapisan tersebut saya gunting selebar 5 cm lipat 2 kemudian menjahitnya dari ujung atas ke ujung bawah baju



Lalu menjahit sekali lagi bagian ujung dari kain lapisan tersebut agar menempel ke kain baju sehingga hasil dari jahitan tersebut seperti  pada gambar.



Setelah itu melangkah ke proses berikutnya yaitu membuat lubang kancing, disini saya menggunakan aksesoris tambahan berupa alat pelubang kancing yang di tempelkan ke mesin jahit, karena baju kaos ini melar, maka agar lebih mudah saya melapisi nya dengan kertas sebelum di lubang, jika Anda belum tahu cara menggunakan alat pelubang kancing silahkan membaca artikel saya yang terdahulu




Setelah lubang kancing selesai dibuat selanjutnya memasang kancing nya yang terdiri dari 2 buah, cara memasang kancing ini sudah juga saya berikan cara nya di artikel yang lalu.




Proses selanjutnya adalah mengelim bagian bawah baju tersebut, untuk itu saya mengobras dahulu bagian ujungnya sebelum di jahit kelim.



sambil mengobrol dengan tukang baso langganan akhirnya jahitan ini selesai juga, untuk hasil nya adalah sebagai berikut



setelah proses pengerjaan selesai tinggal di masukan ke kantong plastik dan siap di ambil oleh yang punya, namun saya tunggu sampai sore ternyata pelanggan jahit saya tersebut tidak juga kunjung datang, bahkan sampai artikel ini selesai saya tulis.

Demikianlah langkah pengerjaan saya merubah baju kaos dan menjadikannya sebuah cardigan, terima kasih atas kunjungannya. Silahkan membaca artikel saya yang lainnya.

Comments

  1. ini lokasinya dimana? Saya punya jaket kebesaran XL mau dikecilkan M

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog