Cara menjahit resleting jepang pada baju dengan cara di bobok

untuk postingan kali ini saya akan men share cara saya dalam mempermak sebuah dress bermotif kotak-kotak kecil berwarna hitam putih milik seorang wanita pelanggan menjahit saya. dress ini  bertangan pendek, dengan kerah kemeja di bagian atasnya, sementara di bagian belakang menggunakan satu buah kancing sebagai bukaan untuk memasukan kepala.


dress ini cukup unik, karena walaupun menggunakan kerah kemeja, namun tidak memiliki bukaan di depan, melainkan di bagian belakang, karena nya kerah kemeja tersebut tidak terpisah di bagian depan tetapi terpisahnya di bagian belakang baju itu.





pelanggan saya meminta agar bagian depan dari baju tersebut di berikan atau di pasang resleting karena dia sedang menyusui anaknya yang masih kecil, jadi nya agak ribet jika harus menyusui saat menggunakan baju tersebut, karena harus lewat bawah baju.

untuk itu saya meminta waktu satu hari, karena harus mengerjakan pesanan yang lain dahulu, setelah saya mengerjakan jahitan lain, maka tiba saatnya saya untuk mengerjakan baju tersebut, dan berikut ini adalah proses pengerjaannya.

pertama saya membuka sebagian kerah di bagian tengah kerung leher, setelah itu saya menggunting bagian tengah baju tersebut dengan jarak sekitar 20 cm di bagian ujung saya menggunting bercabang ke kiri dan kekanan.



setelah itu saya mencari kain berwarna putih sebagai tempat resleting, jadi resleting tersebut akan saya pasang dahulu ke kain putih tersebut baru selanjutnya di pasang ke baju, setelah mendapat kain putih kemudian saya menjahit resleting jepang tersebut ke kain tersebut sampai selesai, setelah itu menjahit sekeliling pinggirannya dengan jarak sekitar setengah cm





lalu sisa kelebihan pinggiran saya gunting dan obras sehingga hasil akhirnya nampak seperti pada gambar.




setelah proses menempel resleting ke kain putih selesai, selanjutnya tinggal memasangkannya ke baju, dengan cara, memasangkan sebelah resleting terlebih dahulu disini saya menempatkan resleting tersebut di bagian atas, kemudian saya menjahitnya dari ujung atas ke ujung bawah sampai tepat pada di pinggir guntingan yang bercabang.


hasil dari jahitan tersebut adalah seperti berikut



setelah selesai baru kemudian menjahit resleting yang sebelahnya lagi, untuk kali ini saya menempatkan kain baju yang berada di atas sementara resleting di bagian bawah, lalu menjahit kembali dari ujung ke ujung.



setelah di rasa tidak ada kesalahan, maka selanjutnya saya menjahit kain guntingan bercabang yang berada di bagian bawah lalu menjahit stik bagian atasnya agar lebih kuat dan tidak mudah lepas, sehingga hasil nya seperti berikut.





setelah itu menjahit kembali kerah  ke kerung leher yang tadi di buka dan hasil akhir dari pengerjaan nampak seperti pada foto foto berikut ini.





demikian cara saya dalam membuat bukaan depan pada baju dengan memasang resleting jepang dengan cara membobok bagian baju tersebut, walaupun ini hanya jahit permak dari baju lama, namun cara yang saya sampaikan di atas ini bisa di aplikasikan oleh Anda untuk baju yang baru di jahit.

oh ya hampir lupa, disini saya menggunakan kain berwarna putih untuk tempat resleting jepang tersebut karena mencocokan kerah nya yang berwarna putih juga, jika baju yang Anda kerjakan tidak menggunakan variasi kain lain, maka gunakanlah kain yang sama dengan baju nya, atau jika tidak ada maka gunakanlah kain dengan warna yang sama.

jika Anda masih bingung dengan proses pengerjaannya, silahkan menonton atikel ini dalam video berikut ini



kiranya cukup sekian untuk tutorial menjahit yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga bisa bermanfaat, silahkan di praktekan dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments

  1. Penjelasannya lengkap,mudah difahami...akan lebih gampang bila foto-foto nya di zoom untuk pengerjaan jahitan bagian-bagian yang kecil.Sangat membantu,saya rekomen ke teman untuk mengunjungi site ini.Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas sarannya, untuk gambar sengaja saya perkecil untuk mempercepat proses loading halaman, dan sebagai gantinya saya sudah mengupload video tutorial untuk artikel ini di youtube, silahkan menontonnya jika berkenan

      Delete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog