cara praktis cepat dan mudah untuk menjahit kerah rebah



kerah rebah atau baby doll adalah kerah yang rebah atau tidak berdiri, di buat sesuai bentuk kerungan leher dengan mempunyai lebar sekitar 8 cm, biasanya di gunakan untuk pakaian anak-anak perempuan dan remaja, namun untuk orang dewasa pun bisa juga.


jika di tempat kursus pembuatan kerah rebah ini dengan cara membuat polanya terlebih dahulu di atas kertas, tapi disini saya akan memberikan tutorial pembuatan kerah rebah ini dengan cara yang lebih mudah dan cepat.


Sebagai contoh disini kita akan menjahit kerah rebah pada baju dengan bukaan kancing didepannya, untuk itu kita jahit dahulu bagian bahu dari pola baju depan dan belakangnya.


setelah bagian bahu baju di jahit, lipat dua kain pislin kemudian tempatkan di lantai atau meja yang bersih, setelah itu tempatkan kerungan leher baju diatasnya, lalu gambar bentuk kerung leher tersebut di kain pislin dengan menggunakan kapur , setelah itu buat pola kerah rebah di kain pislin tersebut mengikuti bentuk kerung leher.



gunting kain pislin sesuai dengan bentuk pola, tempel kain pislin di kain peralatan kerah dengan setrika setelah itu gunting dan jadikan kerah tersebut






hasil setelah kerah rebah ini dijahit adalah seperti ini



buatlah bisban dari kain serong sisa guntingan kain lalu jadikan seperti pada gambar



langkah selanjutnya adalah menempel dan jahit kerah rebah ke kerung leher baju



setelah kerah rebah menempel ke kerung leher, timpa dengan bisban di atasnya



balik lah bisban keluar sehingga menutupi ujung jahitan kerung leher kemudian jahit tindas, jika ujung jahitan di rasa kebesaran maka guntinglah terlebih dahulu




dan proses pemasangan kerah rebah pun selesai hasil akhirnya akan terlihat seperti berikut



untuk pemasangan kerah rebah pada baju yang menggunakan  resleting  di bagian belakang sama saja proses pengerjaannya. Sebenarnya masih ada cara lain untuk menjahit kerah rebah ini, dan akan saya berikan tutorialnya di lain kesempatan.
demikian cara membuat dan memasang kerah rebah, Anda juga bisa membuat variasi pada daun kerah agar terlihat bagus dengan cara membuat kerutan, menjahit stik atau dengan di opnaisel. Jika masih kurang mengerti silahkan bertanya di kolom komentar.




Comments

  1. di foto terakhir ga sopan banget pake kaki... yg udah positif jadi mlesek bgtu liat gambar terakhir.

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog