cara membuat saku pada pinggir baju kemeja batik atau koko



Pada baju kemeja, khususnya kemeja batik dan kemeja koko, ada model yang menggunakan saku pada bagian pinggirnya. Saku atau kantong tersebut nyaris tidak terlihat karena posisinya yang berada pada sambungan antara kain baju depan dan belakang, saku ini sebagai pengganti dari saku tempel yang di tempatkan di bagian depan.


Ada dua cara untuk membuat saku jenis ini, di sesuaikan dengan model baju kemeja tersebut, apakah menggunakan vuring atau tidak, jika kemeja tersebut menggunakan vuring, maka cara pembuatannya dari dua lembar kain saku yang di jahit lalu di tempel ke kain baju, sedangkan jika tidak menggunakan vuring maka pembuatan saku tersebut hanya di buat dari selembar kain saku yang langsung di jahit ke kain baju kemeja bagian depannya.

pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara membuat saku pada kemeja yang tidak bervuring terlebih dahulu, karena lebih mudah dalam pengerjaannya. Tidak perlu panjang lebar lagi silahkan Anda simak langkah-langkah pengerjaannya sebagai berikut

  • pertama kita siapkan peralatan untuk kain saku dengan ukuran 18x35 cm ini ukuran standar saku, Anda bisa saja membuatnya lebih kecil atau besar sesuai dengan ukuran baju yang sedang di kerjakan. Kain saku tersebut haruslah dari kain yang sama dengan kain baju nya, jika tidak mencukupi bisa di ganti dengan kain vuring yang warna nya sama dan di berikan beset pada sisi nya. Selanjutnya bentuklah membulat pada salah satu sudutnya kemudian obras bagian tersebut.




  • Siapkan juga kain pelapis untuk lidah saku dengan ukuran 3x16 cm kemudian obras pada ketiga sudutnya, 




  • Setelah itu buatlah paspoal atau lidah saku dengan kain yang kecil seperti pada gambar ini, standar ukuran dari lidah saku tersebut adalah 15 cm untuk baju dewasa buatlah seperti pada gambar di bawah ini. Persis sama dengan bentuk lidah saku untuk skirt atau rok, Jika Anda belum bisa membuat lidah saku jenis ini silahkan baca artikel saya yang lalu.




  • Jika lidah saku sudah jadi maka selanjutnya adalah  menempelkan kain saku ke kain baju, kemudian berikan jarum pentul pada beberapa sudutnya agar posisi tidak berubah kembali




  • jahit sekeliling dari kain saku tersebut tepat pada pinggirannya




  • setelah kain saku terjahit semua  maka hasil nya akan terlihat seperti berikut, setelah itu Anda bisa menyatukannya dengan kain baju bagian belakangnya seperti biasa. Biasanya untuk baju batik dan kemeja koko menggunakan belahan pada bagian pinggirnya.



  •  dan ini gambar saku tersebut jika di lihat dari dekat



  • Dan ini adalah hasil setelah di satukan dan di buat belahan pada pinggir nya, jika belum bisa membuat belahan pinggir seperti ini, silahkan membaca artikel saya yang lalu






  • Coba perhatikan pada jarak lubang saku dengan belahan bawah berkisar antara 2 sampai 3 cm




Proses pembuatan saku sisi pada kemeja pun selesai siap untuk di lanjutkan ke proses selanjutnya, yang harus di perhatikan adalah saat menyatukan bagian sisi kain baju tersebut, paspoal atau lidah saku jangan sampai ikut terjahit, karena jika terjahit maka lubang saku nya tidak akan ada.

Demikianlah tutorial membuat saku pinggir pada baju kemeja batik dan koko yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, silahkan di praktekan dan semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog