cara menjahit kain flanel untuk membuat berbagai macam kerajinan

sedikit penjelasan tentang kain flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis juga warna warni.

Kain flannel yang ada ditoko dijual per meter, jika membeli banyak tentu harga nya bisa lebih murah jika di bandingkan dengan membeli di toko alat menjahit yang kain tersebut sudah di gunting selebar sekitar 25 cm dan di jual dengan kisaran harga 2 ribu rupiah perlembar.

Biasanya anak sekolah banyak yang meminta di buatkan tempat pensil atau tas kecil menggunakan kain flannel ini kepada saya, dengan berbagai macam warna dan variasi sesuai dengan permintaan, entah itu memang ada tugas dari sekolah atau inisiatif sendiri, yang jelas kita sebagai tukang jahit perlu juga menguasai cara menjahit kain flannel ini, agar saat ada pesanan seperti itu kita bisa mengerjakannya

Dengan banyaknya pilihan warna kain flanel tersebut, menjadikan kita bisa bebas berkreasi sesuai dengan keinginan, untuk waktu pengerjaannya sendiri tergantung bentuk model dan besar nya, jika kecil dan model sederhana, maka tidak memerlukan waktu lama sekitar 15 sampai 30 menit saja sudah selesai.

Sebagai contoh disini saya membuat bentuk bunga sederhana dengan enam buah kelopak setelah digambar dengan pensil kemudian digunting, lalu untuk bagian tengahnya saya berikan bulatan, dan bulatan ini yang akan kita jahit pada pinggirannya supaya lebih kuat dan rapi, untuk langkah pengerjaannya sebagai berikut silahkan di simak.

  • Pertama kita buat gambar kelopak bunga dengan menggunakan pensil kemudian gunting



  • Selanjutnya gambar bulatan lalu gunting juga



  • Kemudian tempel kain flannel yang menjadi kelopak bunga di tempat yang di inginkan dengan menggunakan lem kertas atau lem apa saja, bisa juga menggunakan double tape. Agar posisinya tidak berubah saat di jahit nanti.



  • Setelah itu kita tempel bulatan nya tepat di tengah kelopak tersebut dengan cara yang sama seperti di atas, diamkan sebentar biar lem agak mongering jika menggunakan double tape bisa langsung di jahit.



  • Kemudian masukan sehelai benang dengan warna sama seperti kain flanel nya ke jarum tangan, lalu mulailah menusukan jarum tersebut dari bagian bawah kemudian menembus tepat di pinggir sisi bulatan



  • Tusukan kembali jarum tersebut ke bulatan dengan jarak sekitar 3 mili dan pada posisi sejajar dengan tusukan pertama



  • Jika sudah tusukan kembali jarum tersebut tepat pada pinggir bulatan dengan memberikan jarak sesuai keinginan dan tusukan ke bulatan kembali pada posisi sejajar, lakukan lah hal tersebut sampai seluruh ujung bulatan terjahit, dan perhatikan jarak antara masing-masing jahitan haruslah sama rata agar terlihat bagus



  • Hasil nya akan terlihat seperti gambar berikut



Nah seperti itulah proses menjahit kain flanel jika menggunakan jarum tangan, jika di jahit menggunakan mesin jahit biasa terlihat kurang bagus, kecuali menggunakan mesin jahit portable dengan setelan jahitan zigzag dan itu pun sulit jika banyak bentuk yang melengkung, jadi lebih baik menggunakan jahitan tangan.

Bentuk bunga yang saya buat di atas tersebut sengaja saya buat sederhana agar mudah di pahami, yang penting cara menjahit kain flanel tersebut adalah seperti itu.

Jika Anda mempunyai kreativitas yang tinggi, maka banyak sekali kreasi yang bisa Anda buat menggunakan kain flanel dengan tekhnik menjahit manual seperti sudah saya ajarkan di atas. Sebagai inspirasi bagi Anda berikut ini beberapa contoh kerajinan yang bisa di buat dengan menggunakan kain flanel ini.

  • sarung handphone dengan hiasan aplikasi berbentuk kartun



  • Gantungan kunci model kue donat atau kue lainnya



  • Bros bentuk bunga untuk di pasang pada baju anak-anak



Dan masih banyak lagi yang lainnya, tergantung ide dan kreativitas masing-masing, yang mana jika di tekuni bisa juga dijadikan sebagai usaha sampingan semisal untuk membuat souvenir pernikahan, atau untuk di jual ke anak sekolah dengan di titip di warung, tempat fotokopi, jualan secara online dan yang lainnya. Apalagi jika Anda mempunyai banyak waktu luang untuk mengerjakannya. Di tambah dengan banyak relasi Maka peluang untuk menjadikan membuat kerajinan dari kain flanel ini sebagai usaha menjadi lebih besar.

Model dan bentuk kreasi untuk membuat kerajinan tersebut bisa Anda dapatkan inspirasinya dari mana saja, seperti majalah, mainan anak, boneka, internet dan lain-lain.

Kira nya sampai disini tutorial cara menjahit kain flannel yang bisa saya berikan, semoga bisa menginspirasi, silahkan di praktekan dan selamat berkreasi, tak lupa saya ucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya ke blog sederhana ini. Dan sebelum pergi silahkan melihat dahulu daftar isi dari blog ini, siapa tahu ada tutorial menjahit lainnya yang Anda butuhkan.

Comments

Popular posts from this blog