cara membuat dan memasang kerah shanghai pada baju dengan resleting di bagian belakang



Setelah sebelumnya saya memberikan tutorial membuat kerah shanghai untuk di pasang pada baju dengan bukaan di depan seperti kemeja dan blouse, maka kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana membuat kerah shanghai untuk baju yang bukaannya di belakang seperti baju kurung atau gamis dengan resleting jepang.

Bagi Anda yang belum tahu cara membuat kerah shanghai untuk baju dengan bukaan di depan bisa membaca tutorial saya yang lalu.

Baca: cara membuat dan memasang kerah shanghai

Cara pembuatan kerah shanghai untuk baju dengan bukaan di belakang lebih mudah jika di bandingkan dengan kerah shanghai untuk baju dengan bukaan di depan, karena cara pemasangan kerah tersebut biasanya cukup di jahit ke kerungan leher selanjutnya di obras kemudian di jahit tindas atas nya.

Kerah shanghai tersebut terdiri dari dua bagian, yaitu kiri dan kanan karena pada bagian belakangnya di pisahkan oleh resleting, untuk membuat polanya bisa di buat dari satu pola utuh kemudian di gunting bisa juga dengan di pisah-pisah.

Untuk bagian belakangnya bisa menggunakan lapisan bisa juga tidak, tapi di sini saya menggunakan lapisan karena terlihat lebih rapi.

Untuk lebih jelas bagaimana pengerjaannya silahkan  Anda simak langkah-langkah nya sebagia berikut:


  • Pertama kita gunting kain staplek sesuai ukuran dan pola kerah shanghai yang di kehendaki, gunting juga kain pislin untuk pelapis kain kerah  yang satunya, kemudian gosok dengan setrika agar menempel ke kain kerah





  • Gosok juga pislin untuk lapisan setelah itu obras pada bagian pinggirnya





  • Setelah itu jahit kedua kain kerah tersebut mengikuti bentuk pola kerah shanghai pada kain staplek, lalu gunting kelebihan kainnya sehingga yang tersisa hanya sekitar 4 mili, ini agar ketika di balik bentuknya menjadi bagus





  • balik kain kerah tersebut, lalu jahitlah bagian bawahnya tepat pada pinggiran kain stalek bagian bawah, yaitu sesuai dengan lebar kerah shanghai sekitar 3 cm, pada saat jarum jahit sampai pada bagian ujung kerah, tempel kerah yang satu nya dan jahit bersambung





  • Pada kerung leher baju, guntinglah sedikit di tengah depannya, ini di maksudkan agar bentuk nya tidak centang saat sudah di pasang kerah nantinya, dan juga agar memudahkan saat pengerjaannya.





  • tempel kerah ke kerungan leher, pada bagian tengah depan berikan jarum pentul agar memudahkan saat di jahit nantinya





  • Setelah itu jahitlah dari ujung ke ujung, pasang lapisan di bagian belakangnya, kemudian obras.





  • Untuk lapisan bagian belakang hasil akhirnya harus berbentuk seperti ini, cara pemasangannya sama seperti memasang lapisan biasa. Jika Anda belum bisa menjahitnya silahkan membaca artikel saya yang lalu






  • Hasil akhir pemasangan kerah tersebut akan terlihat seperti pada gambar, jahit tindaslah  bagian kerung leher bawahnya agar posisi kerah tetap tegak.




Demikian tutorial cara membuat dan memasang kerah shanghai pada baju dengan resleting belakang yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat, silahkan di praktekan dan terima kasih atas kunjungannya. sebelum pergi silahkan melihat daftar isi blog ini siapa tahu ada tutorial menjahit lainnya yang Anda butuhkan.

Comments

Popular posts from this blog