cara mengecilkan celana joger dan baju wanita model lipit hadap

pada hari jum'at tanggal 6 november 2020 kemarin saya mendapat jahitan permak berupa 1 stel celana dan juga baju, untuk celananya yaitu celana panjang dengan model menggunakan karet dibagian bawah kaki, sementara bajunya terdiri dari 2 kain kombinasi yaitu bagian atasnya menggunakan brukat lalu dibagian pinggang terdapat sambungan dan dari pinggang kebawah dibuat model lipit hadap seperti rok SMA.

pelanggan yang punya baju ini adalah seorang wanita muda yang belum menikah namun badannya cukup besar atau montok dan postur tubuhnya tidak terlalu tinggi, untuk bagian celannya dia meminta agar karetnya dibuang yang dibagian bawah ujung kaki, dan juga sediikit dikecilkan, lalu dia memakai celana tersebut agar saya bisa melihat bagian mana yang harus dikecilkan, setelah digunakan terlihat bahwa bagian pinggang dan pinggul sampai bagian paha sudah pas, jadi tidak perlu dikecilkan lagi, dan untuk panjangnya pun demikian, jadi yang harus dikecilkan hanya bagian lutut sampai ujung kaki, lalu saya memberikan tanda bagian tersebut dengan kapur.

setelah celana selesai diberikan tanda untuk dikecilkan maka dia pun memakai bajunya, setelah saya perhatikan, hanya bagian pinggul kebawah saja yang harus dikecilkan, sementara dari pinggang ke atas sudah pas sekali, begitupun panjang lengan dan juga besarnya. jadi yang harus dikecilkan hanya bagian pinggul yang menggunakan lipit hadap tersebut yang melebar dan memberikan kesan besar, padahal bagian atasnya sudah pas.

untuk itu yang pertama saya kerjakan adalah mempermak celananya yang dibagian bawahnya terdapat karet, karena dia tidak mau ada karetnya maka saya buka dan lepaskan karetnya.




setelah karet terlepas maka terlihat jelaslah berapa lebar dari bagian bawah celana tersebut, maka tinggal di kecilkan sesuai dengan ukuran yang dikehendaki, disini saya memberikan ukuran lebar 18 cm untuk bagian ujung kakinya lalu tarik garis lurus sampai bagian paha, karena bagian pahanya sudah pas sekali maka tidak saya kecilkan. coba perhatikan saya membuat garis ukuran baru dibagian sisi celana bagian luar, hal ini agar bentuknya tidak menjadi aneh.




selanjutnya saya jahit sesuai dengan garis ukuran baru, lalu menggunting dan mengobrasnya, setelah itu tinggal dijahit kelim kembali bagian bawahnya, karena ukuran panjang sudah pas maka tidak dilakukan pemotongan pada celana ini.




sampai proses pengeliman maka pengerjaan mempermak celana sudah selesai, selanjutnya kita tinggal melangkah ke bagian mempermak bajunya, pada kasus ini, bagian atas sudah pas baik ukuran badan dan juga lengannya, yang terasa lebar oleh pelanggan saya adalah bagian pinggul kebawah, hal ini disebabkan oleh model bajunya yang dibuat lipit hadap sebanyak 4 lipitan, tepat dibagian pinggang, dua lipit didepan dan dua lipit dibelakang, agar terlihat pas pinggul, maka kita harus menjahit mati bagian lipit tersebut dari pinggang sampai batas pinggul, yaitu sekitar 20 cm. oleh karenanya yang pertama saya lakukan adalah membuka semua jahitan lipit yang menempel dibagian pinggang.




lalu tepat pada garis lipitan saya buat garis dengan kapur sepanjang 20 cm, nantinya garis lipit ini kita jahit agar pada saat dipakai tidak terbuka


setelah ke empat lipitan saya buat tanda garis maka berikutnya tinggal menjahitnya, lalu garis lipitannya saya buka agar membentuk lipit hadap kembali, setelah itu saya jahit lagi dengan bagian baju atasnya




setelah diobras maka proses mengecilkan bagian pinggul sudah selesai, selanjutnya memendekan bagian bawahnya sepanjang 7 cm, caranya tinggal kita buat tanda dengan kapur selebar 7 cm disekeliling bagian bawah baju, lalu kita gunting dengan memberikan kelebihan sekitar 2 cm.



selanjutnya tinggal dijahit kelim sekelilingnya, untuk menjahit kelim kecil agar lebih mudah caranya kita lipat sebanyak 2 kali, lalu kita pegang dengan jari jemari bagian yang belum terjahit agar posisinya tidak berubah, dan dengan posisi tersebut maka jalankan mesin jahit atur agar lebar keliman sama besarnya.


akhirnya semuanya beres dipermak, baik baju maupun celananya, agar lebih rapi kita bisa menggosoknya terlebih dahulu sebelum di lipat dan dimasukan kedalam kantong plastik, untuk proses pengerjaannya saya membutuhkan waktu sekitar 45 menit, dan untuk biayanya saya meminta sebesar Rp.30000 untuk jasa menjahitya.

Comments

Popular posts from this blog